Kapolri Sebut Situasi Kamtibmas Papua Dan Papua Barat Aman Kondusif - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Widget HTML Atas

Kapolri Sebut Situasi Kamtibmas Papua Dan Papua Barat Aman Kondusif

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto (ketiga kanan) dan Kapolri Jenderal Tito Karnavian (kedua kanan) berjalan seusai menggelar pertemuan tertutup di Mapolda Papua, Jayapura, Papua, Selasa (27/8/2019). (Foto : ANTARA Gusti Tanati)


Sulut24.com - Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengungkapkan bahwa secara keseluruhan situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) di wilayah Papua dan Papua Barat saat ini relatif aman dan kondusif.

“Kita akan terus melakukan langkah-langkah, baik dialog dan penegakan hukum seperti di Surabaya, Manokwari, dan Timika yang dilakukan secara berimbang. Selain itu, Gubernur Papua Barat juga sudah melakukan langkah-langkah yang menyejukkan, apalagi Gubernur Jawa Timur Khofifah sudah menyampaikan pernyataan maaf dan menyatakan kata-kata yang tidak pantas itu bukan mewakili masyarakat Jatim, serta Wali kota Surabaya Tri Rismaharini juga menyampaikan permintaan maaf,” jelasnya.

Hal tersebut ia sampaikan seusai melakukan pertemuan dengan jajaran TNI-Polri di Jayapura, Papua, Selasa (27/8/2019) dilansir dari jpp.go.id.

Lebih lanjut Kapolri pun menegaskan pihaknya akan memberikan jaminan keamanan bagi Mahasiswa Papua atau OAP yang tinggal di luar Papua.

"Namun namanya juga merantau, sama seperti masyarakat yang merantau ke Papua harus beradaptasi dengan masyarakat setempat dan saling menghargai dan menghormati seperti halnya masyarakat lainnya yang harus menghormati dan beradaptasi dengan warga di sekitarnya. Mari agar kita saling menghargai dan saling menghormati," tuturnya.

Bupati Biak Herry Ario Naap dalam pertemuan di Biak, Papua, Selasa (27/8/2019), berkomitmen dengan tokoh-tokoh untuk menjaga keamanan di Biak. Demikian juga Gubernur Papua Lukas Enembe saat bertemu di Istana Negara, Jakarta.

“Semoga dengan kehadiran kami di sini hubungan TNI-Polri makin solid. Demikian pula hubungan dengan masyarakat semakin baik agar pembangunan yang sedang digalakkan bisa tetap berjalan,” harap Kapolri.

Kapolri bersama Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto sebelum berkunjung ke Jayapura terlebih dahulu ke Biak dan pada Rabu (28/08/19) ini dijadwalkan berangkat ke Timika.
(YA).