Ciptakan Clean Governance Dan Pertahankan WTP, Badan Keuangan Pemkab Minut Gelar Bimtek Penyusunan Laporan Keuangan SKPD - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Ciptakan Clean Governance Dan Pertahankan WTP, Badan Keuangan Pemkab Minut Gelar Bimtek Penyusunan Laporan Keuangan SKPD

Bupati Minut DR. Vonny Anneke Panambunan yang diwakili Sekda Minut Ir. Jemmy Kuhu MA Membuka Bimtek Penyusunan Laporan Anggaran Tahun 2020

Sulut24.com - Minahasa Utara, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Utara (Minut) di bawah kepemimpinan Bupati DR. Vonnie Anneke Panambunan saat ini terus berupaya menciptakan pemerintahan yang baik (Good Governance) dan pemerintahan yang bersih (Clean Governance) yang bebas dari korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN).

Untuk mewujudkan visi dan misi tersebut, Pemkab Minut melalui Badan Keuangan Bidang Akuntansi dan Pelaporan, saat ini telah menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Penyusunan Laporan Keuangan SKPD di Lingkungan Pemkab Minut Tahun 2020, yang dilaksanakan di Sutanraja Hotel pada  Senin 3 Februari 2020 sampai pada Jumat 6 Februari 2020 pekan ini.

Kegiatan Bimtek ini di buka langsung oleh Bupati Minahasa Utara DR. Vonnie Anneke Panambunan yang di wakili Sekda Ir. Jemmy Hengki Kuhu.

Sekda Ir. Jemmy Kuhu dalam sambutannya mengatakan , “Bimtek ini sangat perlu dilakukan karena bertujuan untuk meningkatkan kompetensi pengelola keuangan dari SKPD. Ini juga baik untuk menunjang audit BPK sekaligus menghindari adanya temuan yang tidak sesuai dalam pengelolaan keuangan guna mempertahankan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK)," ungkap Ir. Jemmy Hengki Kuhu, Senin (3/2/2020).


Lanjutnya, “Mengharapkan kepada seluruh SKPD agar bisa menyampaikan laporan keuangan tepat waktu agar opini WTP dari BPK bisa dipertahankan. Saya juga mengucapkan banyak terima kasih kepada BPKP Sulut yang sudah membantu Pemkab Minut dalam memberikan pemahaman soal pengelolaan keuangan," tukasnya.

Sementara itu, Kepala Badan Keuangan Minut, Petrus Macarau mengatakan, pengelolaan keuangan daerah merupakan kegiatan yang menyangkut masalah keuangan. Beberapa di antara kegiatan tersebut adalah perencanaan, pelaksanaan, penatausahaan dan pelaporan keuangan. Selain itu juga disertakan masalah pertanggungjawaban dan pengawasan keuangan daerah.

Kepala Badan Keuangan Pemkab Minut Petrus Macarau

"Kegiatan keuangan sangatlah penting untuk keberhasilan suatu program pemerintahan, baik itu proses akuntansi bagi PPK maupun bagi bendahara SKPD,"  jelas Petrus Macarau.

Kabid Akuntasi dan Pelaporan Badan Keuangan Carla Sigarlaki mengatakan pemateri dalam kegiatan tersebut adalah utusan BPKP Sulut dan unsur badan keuangan.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut seluruh kepala SKPD, Pejabat Penatausahaan Keuangan (PPK) dan Bendahara dari masing-masing SKPD yang ada di lingkungan Pemkab Minut.
(Joyke)