Terpapar Positif Covid-19, Sangihe Bertambah 1 Lagi - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Widget HTML Atas

Terpapar Positif Covid-19, Sangihe Bertambah 1 Lagi

Juru Bicara Penanganan Covid-19 Kabupaten Sangihe Dokter Jopy Thugari M,Kes
(Foto: Istimewa)

Sulut24.com - Tahuna, Setelah sekira dua pekan tidak ada penambahan, kini Jumat (29/5/2020) 1 lagi Pasien terkonfirmasi positif Covid-19.

Sesuai ketrangan juru bicara Penanganan Covid-19 Kabupaten Sangihe Dokter Jopy Thugari M,Kes mengatakan, ada 3 hasil swab yang diterima masing - masing pasien 01 asal Tahuna Timur hasil swab ke enam Negatif, Pria 33 Tahun asal Tahuna hasil swab pertama negatif, dan kasus terkonfirmasi Positif Covid-19 pasien 03 Perempuan berusia 25 Tahun asal Kecamatan Tabukan Tengah dengan riwayat perjalanan dari Manado, pasien 03  Positif Covid-19 tersebut tiba di Sangihe kurang lebih 10 hari yang lalu.

Menurut Thungari, awalnya pasien 03, ada keluhan dan langsung ke RSUD Liungkendage dan dirapid test menyatakan reaktif sehingga dilanjutkan pemeriksaan swab pertama dan hasil harinya terkonfirmasi positif Covid-19.

Selain itu, juga ditelusuri Kontak Erat Resiko Tinggi/KERT dari pasien 03 didapatkan 10 orang, langsung rapid test pertama hasilnya negatif, dalam waktu dekat, rencananya akan dirapid test kembali.

"Kami telah menerima hasil swab tenggorokan terkonfirmasi Positif Covid-19, dari perempuan asal Tabukan Tengah umur 25 tahun, dan dua pasien lainya diantarnya, Pasien 01 negatif, kemudian pria 33 tahun asal Tahuna hasil swab pertamanya negatif," terang Tungari.

Diketahui pasien 03 ini, dalam perawatan di RS Liun Kendage Tahuna, lanjut Thungari, meski status pasien 01 dan 02 hasil negatif, namun tetap mengacu protap 2 kali swab negatif baru dinyatakan bebas Covid.

"Dan Sangihe sudah sebanyak 3 pasien terkonfirmasi positif Covid-19," tambahnya.

Tungaripun mengingatkan dengan bertambahnya pasien positif Covid-19 di Sangihe, diharapkan masyarakat jangan lengah tetap waspada terhadap penyebaran Covid-19 dengan mematuhi protokol kesehatan. "Tetap disiplin, di rumahjo, kalaupun keluar rumah jangan lupa pakai masker, rajin cuci tangan, kalau ada dirasakan ada gejala serupa cepat ke Rumah sakit langsung minta pemeriksaan," imbuhnya.
(rdy)