Lalue Tengah Belum Salurkan BLT, Tumbal: Diupayakan Dalam APBDes Perubahan - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Lalue Tengah Belum Salurkan BLT, Tumbal: Diupayakan Dalam APBDes Perubahan

Camat Essang Nelmar Tumbal
(Foto: Sulut24/Koldius)

Sulut24.com - Talaud, Merebaknya pandemi Virus Covid-19 hampir di seluruh dunia termasuk Indonesia membuat perekonomian di segala lini mengalami penurunan drastis.

Hal tersebut membuat keberlangsungan hidup masyarakat terlebih kelas menengah ke bawah semakin sulit akibat adanya penurunan pendapatan.

Masyarakat di Kabupaten Kepulauan Talaud khususnya wilayah kecamatan Essang juga menjadi salah satu wilayah yang terdampak secara ekonomi akibat adanya Pademi Covid-19.

Untuk membantu kelangsungan hidup masyarakat di kecamatan tersebut,  pemerintah baik daerah maupun pusat terus mengucurkan bantuan dalam berbagai bentuk.

Camat Essang Nelmar Tumbal mengatakan saat ini beberapa bantuan telah disalurkan oleh pemerintah diantaranya bantuan Beras untuk setiap desa di kecamatan tersebut, Bantuan Sosial Tunai (BST) dan Bantuan Langsung Tunai (BLT Dana Desa).

Menurutnya, untuk BLT masih ada satu desa yaitu Lalue Tengah yang tidak sempat tertata dalam APBDes sehingga belum menerima bantuan BLT. Ia mengatakan nantinya data desa tersebut akan dimasukan kedalam APBDes perubahan agar warga di desa bisa Lalue Tengah bisa segera menerima BLT.

"Masih ada satu desa yang belum menyalurkan yaitu desa Lalue Tengah dengan kendala tidak sempat tertata dalam APBDes sebelumnya, dan akan diupayakan dalam perubahan APBDes nanti," ucap Tumbal, Minggu (7/6/2020).

Selain itu, Tumbal mengatakan ada juga bantuan Padat Karya Tunai (PKT), menurutnya saat ini sudah ada tiga desa di kecamatan Essang yang telah menyalurkan bantuan tersebut.

"Sudah tiga desa yang telah menyalurkan, yaitu Desa Lalue, Desa Lalue Tangah dan Desa Lalue Utara. Sedangkan lima desa lainya masih dalam persiapan untuk penyaluran," jelasnya.
(Koldius)