Tahapan Bergulir, Bawaslu Sulut Launching Gerakan Awasi Coklit - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Tahapan Bergulir, Bawaslu Sulut Launching Gerakan Awasi Coklit

Ilustrasi
(Foto via kpu-klatenkab.go.id)
Sulut24.com - Manado, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Sulawesi Utara menggelar launching gerakan awasi coklit, Rabu (15/7/2020).

Pada kesempatan tersebut Bawaslu Sulut juga melakukan konsolidasi pengawasan pemutakhiran data pemilih.

Dalam kegiatan tersebut ketua Bawaslu Sulut Herwyn Malonda mengatakan kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan dan memperkuat koordinasi jajaran Bawaslu Sulut.

Dia juga mengingatkan kepada jajarannya agar selalu berkoordinasi dengan jajaran diatas jika menemukan permasalah dalam menjalankan tugas.

"Kalau ada yang kurang jelas dalam pekerjaan pengawasan untuk segera konsultasikan ke jajaran diatas," tuturnya.

Selain itu, Malonda juga meminta kepada seluruh jajarannya agar selalu memperhatikan dan mengutamakan protokol kesehatan, mengingat Pilkada yang diselenggarakan ditengah Pandemi Covid-19.

Zoom Meeting launching gerakan awasi coklit Bawaslu Sulut
(Foto via sulut.bawaslu.go.id)
Pada kesempatan yang sama Anggota Bawaslu Sulut Koordinator Divisi Pengawasan dan Hubal Kenly Poluan mengatakan bahwa Bawaslu akan melakukan pengawasan terhadap dua kegiatan KPU yaitu Gerakan Klik Nasional dan Proses Pencocokan Penelitian (Coklit).

Poluan menambahkan pekerjaan pengawasan harus dilakukan secara langsung dan melekat.

"Pekerjaan pengawasan kita harus dilakukan secara langsung dan melekat agar kita bisa mendapatkan informasi yang kredibel," tutur Poluan.

Terkait dengan pengawsan Coklit, Poluan menuturkan walaupun petugas pengawas tingkat desa/kelurahan terbatas dalam pengawasan proses Coklit, namun menurutnya Bawaslu telah memiliki peta kerawanan yang bisa membantu petugas pengawas memilih titik-titik pengawasan berdasarkan tingkat kerawanan.

Kegiatan yang digelar secara daring tersebut juga dihadiri oleh Komisioner Bawaslu Sulut lainnya lalu seluruh ketua dan anggota Bawaslu Kabupaten/Kota se-Provinsi Sulawesi Utara bersama jajarannya.
(Fn)