Kunker ke Minsel, Pjs Gubernur Fatoni Ingatkan Netralitas dan Loyalitas ASN - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Kunker ke Minsel, Pjs Gubernur Fatoni Ingatkan Netralitas dan Loyalitas ASN

Kedatangan Pjs Gubernur Sulut, Dr. Drs. Agus Fatoni MSi disambut hangat oleh Pjs Bupati Minsel, Drs. Meiki M. Onibala MSi. (foto: Sulut24/Simon)

Sulut24.com - Minsel, Penjabat Sementara (Pjs) Gubernur Sulawesi Utara (Sulut), Dr. Drs. Agus Fatoni, MSi melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel), Rabu (18/11/2020).

Dengan menggunakan helikopter dan setelah mendarat dengan mulus di halaman Kantor Bupati Minsel, kedatangan Fatoni bersama rombongan Forkopimda Sulut, disambut hangat oleh Pjs Bupati Minsel, Drs. Meiki M. Onibala MSi, Sekretaris Daerah (Sekda) Denny Kaaowan SE, MSi dan Forkopimda Minsel.

Pada kesempatan itu, Fatoni bertatap muka sekaligus memberikan arahan dan wejangan bagi para kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), camat, lurah/hukum tua, dan Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minsel. Pertemuan digelar di Aula Waleta, kompleks kantor bupati. 

Dalam arahannya, Fatoni mengingatkan soal netralitas ASN dalam menghadapi pesta demokrasi pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak, pada 9 Desember 2020 mendatang.

Ditegaskannya, ASN harus bersikap netral, tidak boleh terlibat politik praktis, apalagi menjadi tim sukses salah satu peserta pilkada.

Pjs Gubernur Fatoni sedang memberikan arahan dan wejangan di Aula Waleta. (foto: Sulut24/Simon)

''ASN boleh berpolitik, tapi berpolitik di bidang pemerintahan, bukan politik praktis. Apalagi terlibat  langsung sebagai tim sukses. Itu merupakan pelanggaran pilkada terkait netralitas ASN,'' tegas Fatoni.

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) ini juga mengajak segenap ASN untuk turut menyukseskan pelaksanaan pilkada dengan tetap menerapkan disiplin protokol kesehatan, demi mencegah penyebaran Covid-19.

''Pilkada harus sukses, bermartabat dan berintegritas. Pilkada juga harus aman dari penyebaran Covid-19. Kita harus turut memotivasi masyarakat agar mereka menggunakan hak politiknya dan tidak menjadi golput,'' kata lulusan S3 (doktor) Ilmu Pemerintahan Universitas Padjajaran ini.

Fatoni juga mengingatkan soal loyalitas ASN terhadap atasan. Sebagai bawahan, kata Fatoni, wajib hukumnya untuk bersikap loyal tanpa pamrih kepada atasan.

''Tidak etis bila seorang anak melawan orangtua, mahasiswa melawan dosen, atau bawahan menentang atasan. Bila punya karakter pemberontak, mana mungkin akan dipromosi dan diberi penghargaan oleh atasan,'' ujar birokrat kelahiran Bahuga, Kabupaten Waykanan Lampung ini.

Fatoni juga tak lupa memberi motivasi. Kata dia, sangatlah baik menjadi orang hebat, tapi jauh lebih hebat menjadi orang baik.

Pjs Gubernur Fatoni bersama Forkopimda Sulut dan Pjs Bupati Minsel foto bareng di depan Rumah Singgah/Isolasi. (foto: Sulut24/Simon)

"Bila kita mampu menjadi orang baik, kapanpun dan dimanapun kita berada. Suatu saat kelak, kita pasti akan menjadi yang terbaik dan bernasib baik pula,” pungkas Ketua Umum Purna Praja 03 Indonesia (Pujangga Indonesia) ini.

Ditambahkannya, berbuatlah baik bukan hanya kepada orang yang kita kenal, tapi kepada semua orang. 

''Sekecil apapun kebaikan yang kita lakukan, akan sangat berarti bagi orang banyak. Dan kita pun akan semakin dihargai banyak orang. Taburlah kebaikan, supaya kita pun akan menuai kebaikan,'' ujar Ketua Umum Forum Protokol Indonesia ini.

Usai memberikan arahan kepada segenap ASN, Fatoni bersama Forkopimda Sulut diundang oleh Pjs Bupati Onibala santap siang di Shiera Villa dan Restauran.

Usai santap siang dan sebelum melanjutkan kunker ke Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Fatoni didampingi Pjs Bupati Onibala sempat meninjau Rumah Singgah/Isolasi bagi pasien terkonfirmasi Covid-19.

Fasilitas ini disiapkan oleh Pemkab Minsel lewat Satgas Penanganan dan Penanggulangan Covid-19 di bawah koordinasi Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes), dr. Erwin Schouten dan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Rudy F. Tumiwa, ST, MM.

Setelah melihat dari dekat fasilitas yang tersedia, Fatoni spontan menyatakan apresiasinya terhadap inovasi dan terobosan yang telah dilakukan Pemkab Minsel.

''Saya patut memberi apresiasi, sebab Minsel merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Sulut yang memiliki fasilitas seperti ini,'' tutur Fatoni sembari mengimbau agar fasilitas ini dapat dimanfaatkan oleh pasien terkonfirmasi Covid-19. (advertorial/bryan/simon)

Pesan Sekarang