Kadjiman Jabat Plt Kabid Pelayanan Medik Penunjang RSUD Amurang - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Kadjiman Jabat Plt Kabid Pelayanan Medik Penunjang RSUD Amurang

Kadjiman saat menerima surat perintah dari Bupati didampingi Wabup Minsel. (foto: Ist)

Sulut24.com, MINSEL - Jalan hidup orang benar sudah ditetapkan oleh Tuhan. Bila Tuhan sudah membukakan pintu (peluang), maka tidak seorangpun dapat menutupnya.

Inilah yang diyakini dan dialami oleh seorang abdi negara sekaligus pelayan masyarakat, Only Heppy Kadjiman, S.Kep.Ners.

Setelah cukup lama menekuni jabatan fungsional sebagai seorang perawat di Puskesmas Suluun, Kadjiman akhirnya kembali dipromosi menduduki jabatan struktural, di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Selatan (Minsel).

Pada Selasa (03/08/2021) lalu, Kadjiman mengantongi surat perintah dari Bupati Minsel Franky Donny Wongkar, SH. Dia ditunjuk sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Bidang (Kabid) Pelayanan Medik Penunjang di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Amurang.

Kadjiman bukan sosok baru di jajaran Dinas Kesehatan (Dinkes) Minsel. Lelaki enerjik dan murah senyum ini, merupakan Sarjana Keperawatan jebolan Universitas Sariputra Indonesia Tomohon (UNSRIT) tahun 2010 dan meraih gelar Ners dari Universitas Pembangunan Indonesia (UNPI) Manado pada tahun 2015.

Kadjiman meniti karir dari tingkat paling bawah, yakni sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dengan pangkat/golongan II a, pada tahun 1994 silam. 

Setahun kemudian, dia ditempatkan sebagai perawat di Puskesmas Belang, Kabupaten Minahasa. Dan pada tahun 1996, dia dimutasi ke Puskesmas Suluun.

Menyusul terbentuknya daerah otonomi baru yakni Kabupaten Minsel, hasil pemekaran dari Kabupaten Induk Minahasa, pada Maret 2005 Kadjiman  dapat tawaran jabatan struktural sebagai Plt Kepala Seksi (Kasie) Pelayanan Kesehatan Masyarakat di Dinkes Minsel. 

Lima tahun kemudian, tepatnya 15 Februari 2010, Kadjiman dipromosi menjadi Kepala Sub Bagian (Kasubag) Keuangan di Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang sama.

Pada 31 Agustus 2015, Kadjiman kembali ke jabatan fungsional sebagai Perawat Ahli Madya, di Puskesmas Suluun. 

Setelah 5 tahun bertugas di Puskesmas Suluun, pada akhir September 2020 Kadjiman direkrut sebagai staf Tata Usaha Pimpinan (TUP) oleh Pjs Bupati Minsel, Drs. Meiki Marthen Onibala, M.Si. Tugas tersebut dilakoninya selama 71 hari hingga 5 Desember 2020.

Jabatan terakhir yang dipegangnya yakni sebagai staf TUP Bupati Minsel, Franky Donny Wongkar, SH. Dia juga sempat bertugas sebagai staf TUP Wakil Bupati Minsel, Pdt. Petra Yani Rembang, M.Th.

Terkait profesinya sebagai seorang perawat, lelaki kelahiran 1 Juni 1975 ini pernah menyabet juara I Perawat Teladan Tingkat Kabupaten Minsel Tahun 2016. 

Di tahun yang sama, lelaki asal Desa Talaitad Utara, Kecamatan Suluun Tareran ini meraih juara II lomba yang sama tingkat Provinsi Sulawesi Utara (Sulut). 

Di bidang organisasi profesi, Kadjiman pernah menjabat Ketua Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Kabupaten Minsel masa bakti 2009-2014.

Kadjiman aktif mengikuti berbagai kegiatan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Teknis, antara lain Petugas Penyuluhan Kesehatan Masyarakat, Sertifikasi Penyuluh Keamanan Pangan, dan Sistem Informasi Kesehatan Nasional dalam Penggunaan Geographics Information System dan Pembuatan Website.

Kemudian, Pelatihan Manajemen Pelayanan Puskesmas Tingkat Provinsi Sulut, Pelatihan Puskesmas Swadana Provinsi Sulut, Diklat Jaringan dan Telekomunikasi SIKNAS Online, Akreditasi Pelatihan, Pelatihan Jabatan Fungsional Perawat Ahli, Pelatihan Keluarga Sehat Angkatan II, dan Pelatihan Manajemen Puskesmas Angkatan I.

Serangkaian kegiatan pelatihan tingkat Provinsi Sulut juga pernah diikutinya, yakni Pelatihan Petugas Imunisasi Kabupaten, Pelatihan Manajemen Puskesmas, dan Pelatihan Pengelola Profil Kesehatan Kabupaten.

Kemudian, Pelatihan Penyusunan Standar Pelayanan Kesehatan, Pelatihan JPKM, Pelatihan Manajemen Pelayanan Puskesmas, dan Pelatihan Kesehatan Reproduksi Remaja.

Adapun Training of Trainer (TOT) tingkat Provinsi Sulut yang pernah diikuti Kadjiman, yakni TOT Kesehatan Kerja, TOT Kesehatan Olahraga, TOT Pengobatan Tradisional, TOT Kesehatan Jiwa, TOT Kesehatan Mata, dan TOT Kesehatan Ibu Hamil dalam Integrasi Malaria.

Only Heppy Kadjiman bersama istri dan kedua putranya. (foto: Ist)

Di sela-sela kesibukannya sebagai abdi negara, mantan Ketua Karang Taruna Desa Talaitad ini tetap meluangkan waktu untuk melayani Tuhan sebagai Pembantu Gembala GPdI Jemaat "Marturia" Talaitad.

Peraih tanda jasa/penghargaan Satyalancana Karya Satya 20 tahun pengabdian ini,  sebelumnya juga pernah menjabat Ketua Komisi Pelayanan Pemuda dan Remaja GPdI Jemaat "Marturia" Talaitad, serta Ketua Komisi Pelayanan Remaja GPdI Wilayah LXII Tareran.

Suami tercinta dari Yetty Ester Muaja, AMKG ini, dikaruniai dua orang anak, masing-masing Stiven Samiton Kadjiman dan Ibrani Junior Kadjiman.

"Jabatan adalah anugerah Tuhan dan juga kepercayaan yang diberikan oleh pimpinan. Saya akan menjalankan tugas baru ini dengan penuh tanggung jawab dan dedikasi yang tinggi," janji Kadjiman saat ditemui wartawan, di RSUD Amurang, Kamis (05/08/2021).

"Pada kesempatan ini, saya pribadi dan keluarga mengucapkan terima kasih kepada Bapak Bupati Franky Donny Wongkar, SH dan Bapak Wakil Bupati Pdt. Petra Yani Rembang, M.Th atas kepercayaan dan promosi yang telah diberikan kepada saya," tambah Kadjiman. (Simon)