Refleksi Satu Tahun Kepemimpinan JG-KWL: Minut Pilot Project dan Bumi Revolusi Mental Indonesia - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Widget HTML Atas

Refleksi Satu Tahun Kepemimpinan JG-KWL: Minut Pilot Project dan Bumi Revolusi Mental Indonesia

Momen pelantikan Bupati Minahasa Utara Joune Ganda SE dan Wakil Bupati Minahasa Utara Kevin William Lotulung SH.MH (Foto: Ist)

Sulut24.com, MINUT - Kepemimpinan Bupati Minahasa Utara (Minut), Joune Ganda SE dan Wakil Bupati Kevin William Lotulung SH, MH, Sabtu (26/02/2022) genap bilang usia satu tahun. Pasangan pemimpin yang familiar disapa JG-KWL ini, sejak awal sudah bercekas membangun Minut.

Berbagai program dan terobosan membangun daerah terus dilahirkan JG-KWL. Hal tersebut sebagai implementasi visi dan misi menjadikan 'Tanah Tonsea' sebagai sumber ekonomi rakyat dan sosial budaya untuk terwujudnya masyarakat beriman, sejahtera, dan berdaya saing.

Dalam tahun pertama ini, pemerintahan JG-KWL telah mengukir sejumlah prestasi. Bahkan secara beruntun mendapat apresiasi, yakni penghargaan dari pemerintah pusat maupun provinsi, seperti penghargaan Standarisasi Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE). 

Penghargaan prestisius itu diserahkan Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa (LKPP) RI Abdullah Azwar Anas kepada Bupati Minut Joune Ganda di gedung LKPP RI Jakarta, Jumat (18/2/2022).

Abdullah Azwar Anas memuji Pemkab Minut atas capaian ini. "Tidak semua daerah bisa seperti ini," katanya. Sebut dia, Pemkab Minut dapat jadi role model daerah lainnya dalam hal LPSE.

Pemkab Minut telah berhasil mencapai 17 standar LPSE, yaitu:( 1) Standar Kebijakan Layanan; (2) Standar Pengelolaan sasaran Layanan; (3) Standar Pengelolaan Aset; (4) Standar Pengelolaan Risiko; (5) Standar Pengelolaan Layanan; (6) Standar Pengelolaan Tambahan; (7) Standar Pangelolaan Kapasitas; (8) Standar Pengelolaan Sumber Daya Manusia; (9) Standar Pengelolaan Keamanan Parangkat; (10) Standar Pengelolaaan Keamanan Operasronal Layanan; (11) Standar Pengelolaan Keamanan Server dan Jaringan; (12) Standar Pengelolaan Kelangsungan Layanan; (13) Standar Pengelolaan Anggaran; (14) Standar PengeIolaan Pendukung Layanan; (15) Standar Pengelolaan Hubungan dengan Pengguna Layanan; (16) Standar Pengelolaan Kepatuhan; dan (17) Standar Penilaian Internal.

Joune Ganda terima penghargaan dari ketua LKPP (Foto: Ist)

Bupati Minut Joune Ganda mengapresiasi kepercayaan yang diberikan LKPP RI. Tahun lalu, kata Bupati JG, Minut sudah dua kali jadi pilot project dari LKPP RI.

"Kemudian tahun 2022 juga menjadi pilot project untuk tingkat kematangan Unit Kerja Pengadaan Barang/Jasa (UKPBJ)" katanya. 

Kabupaten Minut juga menjadi penggodokan bumi revolusi mental di Indonesia. Pencanangan tersebut berlangsung dalam rangkaian Konferensi Nasional FKUB ke-IV se-Indonesia dan Pekan Kerukunan Internasional, di Hotel Sutan Raja Minut, Rabu (17/11/2021) lalu.

Gubernur Sulut Olly Dondokambey beserta Sekretaris Kementrian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) RI Yohanes Baptista Satya Sananugraha, menandatangani prasasti Kabupaten Minut sebagai bumi Revolusi Mental.

Turut menandatangani pula, Deputi Bidang Koordinasi Revolusi Mental, Pemajuan Budaya, dan Peningkatan Prestasi Olahraga Kemenko PMK Didi Suhardi dan Bupati JG.

Bupati Minut Joune Ganda menandatangani prasasti Kabupaten Minut sebagai Bumi Revolusi Mental di Indonesia (Foto: Ist)

Pada kesempatan itu, Bupati JG mengungkapkan, revolusi mental kembali digaungkan Presiden RI Joko Widodo sebagai tantangan jiwa yang merdeka dan toleran antar umat beragama.

“Kerukunan antar umat beragama tidak muncul secara tiba-tiba. Namun merupakan hasil dari kesadaran bersama bahwa perpecahan dan egoisme akan membawa kehancuran,” tuturnya.

Pemkab Minut, sebut Bupati JG, sudah merespon revolusi mental dengan sejumlah kegiatan semenjak dicanangkan saat hari pancasila lalu.

“Kami bentuk gugus tugas revolusi mental, serasehan, penerapan di SKPD, kantor camat hingga desa, lomba kebersihan dan kedisiplinan, mengeluarkan SK serta pembenahan kantor,” katanya.

Lebih lanjut ungkap Bupati JG, hasil dari revolusi mental nyata dari berbagai penghargaan yang diraih Kabupaten Minahasa Utara.

Bupati JG mengapresiasi Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw yang telah mempercayakan Minut sebagai bumi revolusi mental.

“Terima kasih Gubernur dan Wakil Gubernur. Selamat datang dan selamat mengikuti konferensi kepada peserta. Ini merupakan hajatan besar dan menjadi kebanggaan bagi kami masyarakat Minahasa Utara,” pungkasnya.

Bupati Joune Ganda dan Wakil Bupati Kevin William Lotulung Jadi Contoh Untuk Mendapatkan Vaksinasi (Foto: Ist)

Didik Suhardi Deputi Revolusi Mental Pemajuan Kebudayaan dan Prestasi Olahraga Kemenko PMK mengatakan, gerakan revolusi mental sangat pas diadakan di Kabupaten Minut karen karena ada destinasi pariwisata super prioritas Likupang. 

Kabupaten Minahasa Utara juga berhasil menjadi tuan rumah iven international W20. W20 adalah side iven G20, kelompok yang terdiri 19 negara dengan perekonomian besar di dunia ditambah dengan Uni Eropa. 

Dalam capaian satu tahun pemerintahan JG-KWL dibidang kesehatan dimana Pemerintahan telah mendapat kepercayaan Vaksinasi untuk anak usia dini dan Boster.

Selain itu Pemerintahan JG-KWL mampu menata perkantoran seperti Kantor dan halaman kantor Bupati,  lapangan kantor Bupati dan Pendopo Kantor Bupati.

Momen foto bersama Bupati Minahasa Utara Joune Ganda SE, Wakil Bupati Minahasa Utara Kevin William Lotulung SH.MH dan peserta kegiatan W20 (Foto: Ist)

“Satu tahun ini adalah refleksi untuk kita semua, untuk pemerintah dan masyarakat, progres capaian dari beberapa program merupakan pondasi dalam membangun Minahasa Utara banyak persoalan dan masalah yang harus dituntaskan agar Visi dan Misi Pembangunan Minut dapat terwujud. Hal ini juga dibutuhkan kolaborasi, kontribusi, serta dukungan dari seluruh masyarakt untuk menuju Minut yang lebih hebat lagi"  tutur Bupati  pilihan Rakyat Minut Joune Ganda. (Adv/Joyke)