FDW-PYR Pantau Pelaksanaan UPK Paket C di Kabupaten Minsel - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Widget HTML Atas

FDW-PYR Pantau Pelaksanaan UPK Paket C di Kabupaten Minsel

FDW-PYR turun memantau pelaksanaan UPK Paket C di SPNF Kabupaten Minsel dan PKBM "Pinaesaan" Kelurahan Lewet. (foto: Ist)

Sulut24.com, MINSEL - Bupati Minahasa Selatan (Minsel) Franky Donny Wongkar, SH dan Wakil Bupati (Wabup) Pdt. Petra Yani Rembang, M.Th, meninjau pelaksanaan Ujian Pendidikan Kesetaraan (UPK) Paket C

Tahun Pelajaran 2021-2022, yang digelar di Kabupaten Minsel, Senin (04/04/2022).

Pelaksanaan ujian tersebut ditinjau dan dipantau langsung oleh kedua petinggi Minsel ini, di tempat yang berbeda.

Bupati Minsel yang lebih akrab disapa FDW memantau pelaksanaan UPK Paket C yang berlangsung di Satuan Pendidikan Non Formal (SPNF) Kabupaten Minsel, di Desa Lopana, Kecamatan Amurang Timur.

Di SPNF Kabupaten Minsel ini, turut bergabung pula peserta didik dari SPNF Kecamatan Tumpaan, dan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) "Sumikola" Desa Tumpaan Baru. 

Uniknya, dan ini yang menjadi perhatian khusus, ada serumpun keluarga yang mengikuti ujian bersama, yakni ayah, ibu dan anak, di lokasi ujian tersebut.

Pada kesempatan itu, Bupati FDW turut didampingi Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Arthur Donald Tumipa, M.Ed, dan Kepala Bidang (Kabid) Pendidikan Anak Usia Dini/Nonformal dan Informal (PAUD/NI) Selvie S. Mamangkey, S.Pd.

Sementara itu, Wabup Minsel yang akrab disapa PYR memantau pelaksanaan UPK Paket C di PKBM "Pinaesaan" Kelurahan Lewet, Kecamatan Amurang.

Turut mendampingi Wabup PYR, Sekretaris Disdikbud Minsel Drs. Joyke Ricky Tangkere, M.Pd, Kabid Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Jefri Very Umboh, S.Pd, M.Pd, dan Ketua Forum PKBM Kabupaten Minsel, Drs. Super Wolf Sondakh, M.A.P.

Bupati FDW dan Wabup PYR juga berkenan membuka naskah soal ujian dan melakukan penyematan tanda peserta.

Diperoleh informasi, sesuai Daftar Nominatif Tetap (DNT) Tahun Pelajaran 2021/2022, jumlah total peserta UPK Paket C di Kabupaten Minsel tercatat sebanyak 922 orang.

UPK Paket C berlangsung selama 5 hari sejak tanggal 4 hingga 8 April 2022, dan soal ujiannya terdiri dari 12 mata pelajaran (mapel). 

Bupati FDW dan Wabup PYR foto bersama petinggi Disdikbud Minsel dan para Kasat PKBM dan PNF penyelenggara UPK Paket C. (foto: Ist)

"Bagi yang lulus ujian, akan memperoleh ijazah Paket C setara SMA dengan program atau jurusan IPS," jelas Drs. Super Wolf Sondakh, M.A.P didampingi Kepala SPNF Kecamatan Motoling, Mitcurin Kaligis, S.Pd kepada wartawan.

Staf Khusus Bupati Minsel Bidang Pendidikan ini menambahkan, dari total 13 PKBM dan SPNF yang hingga kini masih aktif beroperasi di Kabupaten Minsel, baru 6 yang terakreditasi dan menjadi penyelenggara UPK Paket C.

"Dan sesuai Prosedur Operasi Standar (POS) Tahun 2022, bagi yang belum terakreditasi, maka peserta ujiannya bergabung dengan PKBM dan SPNF yang sudah terakreditasi," jelas pendiri sekaligus Kepala Satuan (Kasat) PKBM "Pinaesaan" Kelurahan Lewet ini. (Simon)