Paruntu : Festival Teluk Amurang Promosikan Warisan Budaya Lokal Minahasa - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Widget HTML Atas

 

Advertisement



Paruntu : Festival Teluk Amurang Promosikan Warisan Budaya Lokal Minahasa


Bupati Kabupaten Minahasa Selatan  Dr. Christiani E. Paruntu 

Sulut24
- Minahasa Selatan, Pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan, Provinsi Sulawesi Utara menggelar pembukaan Festival Teluk Amurang di Amurang, Rabu (25/9/2019).

Pembukaan Festival Teluk Amurang 2019 yang diberi tema "Another journey to paradise" diikuti oleh kurang lebih 15.000 orang dan rencananya akan digelar sampai Jumat (27/9).

Dalam sambutannya, Bupati Minahasa Selatan Dr. Christiani E. Paruntu mengatakan bahwa Festival Teluk Amurang merupakan serangkaian kegiatan budaya yang dilaksanakan oleh pemerintah daerah bersama seluruh masyarakat dalam rangka melestarikan dan mempromosikan tradisi serta warisan budaya lokal Tou Minahasa yang dikenal luas tingkat regional, nasional bahkan internasional.

Paruntu menambahkan, pelaksanaan Festival Teluk Amurang tahun 2019 sangat berbeda dari tahun sebelumnya, karena pada tahun 2019 adanya antusias yang besar dari segenap elemen pemerintah, swasta bahkan seluruh masyarakat Minahasa Selatan dalam mendukung dan mensukseskan seluruh rangkaian acara walaupun ada berbagai perbedaan usia.

"Perbedaan agama, suku, latar belakang dan perbedaan-perbedaan lainnya dapat bersatu dalam semangat kebersamaan, keceriaan, dan kebersatuan inilah esensi yang harus terus dijaga karena Torang Samua Basudara," tutur Paruntu.

Lanjutnya, momentum Festival Teluk Amurang merupakan bagian dalam upaya untuk memberdayakan potensi Minsel yang berada pada posisi strategis yaitu Jalan Trans Sulawesi dan dianugerahi berbagai macam objek wisata unggulan yang menyimpan potensi besar.

"Diantaranya benteng Portugis Amurang, batu dinding, pantai air panas Moinit, air terjun Tuunen desa Talaitad, wisata bahari Kecamatan Tatapaan, kawasan hortikultura Modoinding, Pantai Alar atau Teluk Amurang," tutur Bupati Paruntu.

Untuk itu Paruntu mengajak seluruh masyarakat Minahasa Selatan untuk ikut mensukseskan kegiatan tersebut.

"Marilah kita sukseskan Festival Teluk Amurang dengan berpartisipasi bersama dalam rangkaian kegiatan yang ada, kita jaga keamanan, ketertiban dan kebersihan," ucap Paruntu

"Kiranya seluruh rangkaian akan mendapatkan penyertaan dan keberhasilan dari Tuhan Yang Maha Kuasa sehingga berbagai kearifan lokal dan budaya khas Kabupaten Minahasa Selatan dapat menjadi lestari," tutupnya.
(FN)


Advertisement





 

Advertisement