Jadi Pilihan Ditengah Pandemi, Unsrat Gelar Wisuda Secara Daring - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Jadi Pilihan Ditengah Pandemi, Unsrat Gelar Wisuda Secara Daring

Peserta wisuda daring Universitas Sam Ratulangi Manado
(Foto: Universitas Sam Ratulangi/Youtube.com)
Sulut24.com - Manado, Universitas Sam Ratulangi menggelar acara wisuda pada Kamis (11/6/2020).

Namun berbeda dari biasanya, acara wisuda yang diikuti oleh 436 peserta wisudawan dan wisudawati tersebut digelar secara daring dengan menggunakan aplikasi tatap muka dan disiarkan secara langsung melalui akun YouTube Universitas Sam Ratulangi.

Dalam pidatonya Rektor Universitas Sam Ratulangi Prof. Dr. Ir. Ellen J. Kumaat mengatakan dinamika perubahan dunia memberi dampak pada tatanan kehidupan umat manusia, termasuk pelaksanaan wisuda yang merupakan peristiwa penting dari tradisi akademik Universitas Sam Ratulangi.

"Wisuda kali ini suasananya berbeda, dunia masih terus berubah dengan tatanan hidup baru, New Normal. Kita semua ditantang untuk memberi warna tersendiri berdasarkan kualitas, kreatifitas dan inovasi sebagai penentu keseimbangan baru masa depan kita semua," tutur Rektor Kumaat

Ia mengatakan wisuda yang digelar secara daring merupakan salah satu bentuk manifestasi yang harus ditempuh dalam upaya mewarnai dan beradaprasi, sekaligus solusi dari dampak Pandemi Covid-19.


"Berbanggalah karena anda semua diberi kesempatan mengukir catatan sejarah kehidupan tersendiri lewat wisuda secara daring yang merupakan pertama kali dilakukan oleh lembaga pendidikan di seluruh dunia pada tahun 2020 ini," kata Rektor

Rektor Ellen J. Kumaat berpesan agar seluruh wisudawan dapat memanfaatkan ijazah yang telah diperoleh untuk memberikan karya nyata untuk pembangunan ditengah masyarakat dan Bangsa Indonesia.

Lebih lanjut, dalam sambutannya Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey mengatakan bahwa wisuda yang digelar secara daring telah didasari oleh berbagai petimbangan.

Ia berharap para wisudawan dan wisudawati tidak berkecil hati karena kegiatan wisuda digelar secara daring.

"Tetap mimiliki suka cita dan semangat yang sama, seperti halnya wisuda secara langsung, saya atas nama pemerintah dan masyarakat Provinsi Sulawesi Utara, serta selaku pribadi dan keluarga mengucapkan selamat dan sukses kepada para wisudawan dan wisudawati lulusan Unsrat Periode 2019/2020," tutur Gubernur Olly.

Acara wisuda secara daring tersebut dihadiri oleh ketua, sekertaris dan anggota senat Universitas Sam Ratulangi, ketua, kekertaris dan anggota majelis guru besar Universitas Sam Ratulangi, wakil rektor, dekan, ketua lembaga, direktur pasca sarjana Universitas Sam Ratulangi serta ketua dan anggota SPI.
(Fn)