Pecahkan Mitos, JG-KWL Pendatang Baru Tumbangkan Pemain Lama Pilkada Minut - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Pecahkan Mitos, JG-KWL Pendatang Baru Tumbangkan Pemain Lama Pilkada Minut

Hasil rekapitulasi KPU Minut (Ist)


Sulut24.com - Minahasa Utara, Sejarah baru dicatat PDIP dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) Minahasa Utara, dimana sejak pemilihan langsung Bupati dan Wakil Bupati, partai berlambang banteng moncong putih ini tak pernah memenangkan calon yang diusungnya. Hal ini seperti menjadi mitos politik disetiap kompetisi Pilkada Minut.

Mitos ini akhirnya terpecahkan. Dua kader terbaik, Joune Ganda – Kevin William Lotulong pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati yang diusung PDIP telah menjadi jawara atau pemenang dalam kompetisi politik Pilkada Minut tanggal 9 desember yang lalu.

Kemenangan JG-KWL di Pilkada Minut Tahun 2020 tersebut bisa dikatakan spektakuler dan merupakan The Rising Star bagi PDI Perjuangan untuk kaderisasi pemimpin masa depan.

Pasalnya, kedua sosok yang diusung Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) tersebut, bisa dikatakan pendatang baru di kancah politik Provinsi Sulawesi Utara, dimana bisa menumbangkan para "Pemain Lama" di Pilkada Minut yang memiliki kekuatan dan pengaruh yang sangat besar.

Sebut saja nama Shintia Gelly Rumumpe (SGR) yang sebelumnya menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD Minut serta merupakan putri dari Petahana Bupati Minut, Vonnie Anneke Panambunan (VAP). SGR berpasangan dengan Netty Agnes Pantouw (NAP), politisi senior Partai Demokrat yang berpengalaman sebagai anggota DPRD Provinsi Sulut.

Selain kedua nama diatas, JG-KWL juga menumbangkan Sompie Singal yang merupakan Bupati terpilih pada periode 2008-2016. Sompie mencalonkan diri kembali sebagai calon petahana pada Pilkada Tahun 2015 melalui kendaraan politik PDI Perjuangan bersama Peggy Mekel, namun pasangan petahana ini harus mengakui keunggulan Vonnie Anneke Panambunan dan Joppie Lengkong yang unggul tipis. Pilkada Tahun 2020 ini, Sompie Singal kembali maju dan berpasangan dengan Jopie Lengkong yang masih menjabat sebagai Wakil Bupati Minut.

Selain mengalahkan para "Pemain Lama" tersebut, kemenangan tersebut juga sangat luar biasa jika mengacu pada hasil dari tiga Pilkada sebelumnya di Kabupaten Minut. Dimana JG-KWL bisa meraih perolehan 69.552 suara.

Kemenangan JG-KWL tersebut juga tak lepas dari konsolidasi dan sosialisasi dari kedua calon tersebut bersama delapan partai yang ikut mengusung, dimana dari enam partai jika di total memiliki kursi sebanyak 18 atau 60 persen di DPRD Minut. Ditambah dua partai yang meskipun tidak memiliki kursi di DPRD, tapi memiliki pemilih yang jumlahnya lebih dari 87 ribu.


 Selain itu ada sekira 40 relawan dan dukungan luas dari masyarakat Minut, dimana JG-KWL berperan aktif dalam setiap kegiatan-kegiatan keagamaan dengan program-program yang menyentuh langsung ke masyarakat.


Melihat prestasi JG-KWL di tantangan pertama dalam dunia politik tersebut, sangat dinanti action pertama saat keduanya mulai memimpin Kabupaten Minut menjadi HEBAT kedepan nanti, sebagaiman komitmen dan program-program yang ditawarkan saat kampanye dihadapan masyarakat.

Berikut Hasil Rekapan Perhitungan Suara KPU Minut

Pasangan Nomor Urut 1

Shintia Gelli Rumumpe dan Netti Agnes Pantouw ( SGR - NAP ) mendapat dukungan suara sebanyak = 19. 991 suara

Pasangan Nomor Urut 2

Joune Ganda dan Kevin William Lotulong (JG-KWL) mendapat dukungan suara sebanyak = 69.633 suara

Pasangan Nomor Urut 3

Sompie Singal dan Joppy Lengkong ( KISJO) mendapat dukungan suara sebanyak = 31.763 suara.

(Sumber data hasil Rekapitulasi Perhitungan Suara KPU)

(Joyke/Adv)