Dinkes Minsel Canangkan Vaksinasi Covid-19 - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Widget HTML Atas

 

Advertisement



Dinkes Minsel Canangkan Vaksinasi Covid-19

Disaksikan oleh Kadis Kesehatan Minsel, dr. Erwin Schouten, Kapolres Minsel AKBP Norman Sitindaon SIK ikut menjalani vaksinasi Covid-19. (foto: ist)
 

Sulut24.com - Minsel, Pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) menggelar pencanangan vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Minsel, Selasa (2/2/2021).

Hajatan ini digelar di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Amurang yang berlokasi di Desa Teep Trans, Kecamatan Amurang Barat.

Kegiatan ini diikuti unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan sejumlah wartawan Biro Minsel. Adapun pelaksanaan vaksinasi terdiri dari beberapa tahapan.

Diawali dengan tahap pendaftaran dan verifikasi data pada aplikasi "Peduli Lindungi" di meja 1.

Selanjutnya, tahap pemeriksaan fisik dan screening di meja 2. Pada tahap ini dilakukan pengukuran suhu tubuh dan tekanan darah. Kemudian melengkapi dan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang tertera pada formulir.

Tahap selanjutnya adalah penyuntikan vaksin di meja 3. Tahap terakhir adalah monitoring dan observasi di meja 4, untuk melihat jika ada efek samping yang timbul setelah melakukan vaksinasi.

Bupati dalam sambutannya yang dibacakan Asisten 1 Setdakab Minsel, Frangky Tangkere SP, MSi mengatakan, vaksinasi ini adalah upaya yang dinanti-nantikan dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19. 

 Kepala Kejaksaan Negeri Minsel, I Wayan Eka Miartha SH, MH juga ikut divaksin. (foto: ist)


''Vaksin Sinovac ini aman digunakan karena telah melalui tahapan dan uji klinik kesehatan. Karena itu, masyarakat jangan takut untuk divaksin dan harus mendukung tahapan vaksinasi,'' imbaunya.

Sementara Kepala Dinkes Minsel, dr.Erwin Schouten mengungkapkan, Kabupaten Minsel pada tahap pertama (27/1/2021) telah menerima sebanyak 2400 vaksin Sinovac Covid-19.

Vaksin tersebut diterima dari Dinkes Provinsi Sulawesi Utara, dan sebagian telah didistribusikan di 17 Puskesmas.

Usai pencanangan, lanjut Schouten, program vaksinasi selanjutnya akan diikuti seluruh tenaga kesehatan (nakes) yang ada di Minsel, sesuai jadwal tahapan yang ada.

''Termasuk nakes yang bertugas di Rumah Sakit dan Puskesmas yang tersebar di 17 Kecamatan. Pelaksanaan vaksinasi akan dipusatkan di tiap-tiap Puskesmas,'' bebernya.

Setelah nakes, lanjut Schouten, vaksinasi akan diberikan kepada masyarakat yang memenuhi syarat untuk divaksin.

Pada kesempatan itu, Schouten mengucapkan terima kasih kepada segenap aparat pemerintah, instansi terkait dan insan Pers yang telah menyukseskan kegiatan tersebut.

Berkesempatan mendapatkan vaksinasi antara lain Kapolres Minsel, AKBP Norman Sitindaon SIK bersama Ketua Bhayangkari Minsel yang menjadi orang pertama yang divaksin.

Selanjutnya Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Minsel, I Wayan Eka Miartha SH, MH, Ketua Pengadilan Negeri (PN) Amurang, Royke Inkiriwang SH, MH, Perwira Penghubung Kodim/302 Minahasa, dan Camat Amurang Barat Sonny Makaenas AP, SIP, MSi.

Sejumlah pejabat, pegawai dan nakes yang ada di jajaran Dinkes Minsel juga ikut divaksinasi. (Simon)


Advertisement





 

Advertisement