Bedah Rumah Warga Talaud, Irwan Hasan Terus Berbagi Kasih - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Widget HTML Atas


Advertisement

Bedah Rumah Warga Talaud, Irwan Hasan Terus Berbagi Kasih

 

Rumah warga Desa Mala yang sedang dibangun (Foto: Dok Poros Baru)

Sulut24.com, TALAUD - Tokoh muda Talaud, Irwan Hasan SE berbagi kasih. Bersama Poros Baru Porodisa, pria kelahiran desa Pulutan tersebut merealisasikan program Bedah Rumah di desa Mala, Kecamatan Melonguane Timur, Rabu (15/12/2021) pukul 08.35 wita.

Bedah rumah merupakan realisasi program kemanusiaan yang kedua dari Poros Baru Porodisa bersama Irwan Hasan. Program perdana digulir sejak Oktober tahun berjalan," kata Jon Riung Mangamba, salah satu pengurus teras Poros Baru Porodisa usai peletakan batu dasar giat bedah rumah.

Warga Talaud yang didaratkan program bedah rumah adalah keluarga Berkati-Bukanaung di desa Mala, tidak jauh dari RSUD Talaud. Ratumbanua Mala, Julianus Magenda bersama Inanguwanua Mala, turut hadir mensuport giat awal bedah rumah tersebut.

Program perdana berbagi kasih, sebut Irwan Hasan saat menyampaikan ucapan terima kasih, adalah turun ke lapangan dan menyapa masyarakat. "Tim kita turun ke lapangan dan menyapa warga, meneruskan diakonia dalam bentuk natura," urai suami terkasih dari Novita Mononimbar itu.

Disaksikan Irwan Hasan, peletakan batu dasar dilakukan sang isteri, Novita Monimbar dan Ny Berkati-Bukanaung (Foto: Dok Poros Baru)

Menurut Irwan, sebagai putra daerah, dirinya sangat terpanggil untuk membangun kembali citra tradisi yang diwariskan leluhur dalam Masaruwenten. Dengan Masaruwenten, diyakini bahwa kehidupan bersama masyarakat Talaud yang saling membantu merupakan modal besar bagi Talaud untuk menjadi daerah yang maju.

"Talaud memiliki kearifan lokal yang bernilai tinggi dalam pola hidup bersama yang disebut Masaruwenten. Nilai kwatifan lokal ini menjadi kekuatan sosial budaya bagi masyarakat Talaud. Inilah yang hendak kami gairahkan lagi agar terus diwujudkan dalam kehidupan bersama," urai Irwan.

Dalam bulan berjalan, Irwan melalui tim Poros Baru Porodisa akan melanjutkan distribusi diakonia Natura kepada seluruh Ratumbanua dan Inanguwanua. Januari 2022, direncanakan penyaluran bantuan Natura sebanyak 5000 paket untuk warga yang layak dibantu.

Foto bersama Irwan Hasan, bersama sang isteri, Novita Monimbar, Ny Berkati-Bukanaung dan tim Poros Baru (Foto: Dok Poros Baru)

Sedangkan program bedah rumah, akan terus berlanjut di tahun 2022. Diproyeksikan ada 12 rumah warga yang dibedah. "Dengan giat ini, tukang di Talaud mendapat pekerjaan. Kegiatan ini berbias ke lapangan kerja bagi para tukang," sebut ketua tim Poros Baru Porodisa, Charles Edah.

Charles lebih lanjut menyebut, giat bedah rumah dilakukan setiap bulan hingga akhir tahun 2022. Ada pula kegiatan di bidang seni budaya dan olahraga. Direncanakan pertandingan sepak bola antar klub di Talaud untuk memperebutkan piala Poros Baru Cup digulir bulan Juni-Agustus 2022.(*/fn)