11 Tahun Menanti, Tumipa Akhirnya Pimpin Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Minsel - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Widget HTML Atas

11 Tahun Menanti, Tumipa Akhirnya Pimpin Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Minsel

 Plt. Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Minsel, Arthur Donald Tumipa, M.Ed. (foto: Sulut24/Simon)

Sulut24.com, MINSEL - Setiap masa ada orangnya dan setiap orang ada masanya pula. 

Inilah yang diyakini dan diaminkan oleh seorang Arthur Donald Tumipa, M.Ed.

Setelah 11 tahun menanti sejak 2011 silam, Tumipa akhirnya mendapat peluang untuk pulang kampung (pulkam) ke Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel). Bahkan, hijrahnya ke Minsel kali ini berbuah manis. 

Ia dipercayakan oleh Bupati Minsel Franky Donny Wongkar, SH dan Wakil Bupati Pdt. Petra Yani Rembang, M.Th, menjabat Asisten Administrasi Umum merangkap Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Minsel. 

Organisasi Perangkat Daerah (OPD) ini, sebelumnya bernama Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga (Dikpora) Kabupaten Minsel, yang hampir 5 tahun dipimpin oleh Dr. Fietber Soleman Raco, S.Pd, M.Si.

Tumipa resmi menahkodai Dinas Dikbud Minsel, terhitung sejak 24 Maret 2022. 

Dia dinilai figur yang tepat untuk menahkodai Disdikbud Minsel.

Pasalnya, Tumipa adalah sosok birokrat yang sarat pengalaman di bidang pendidikan.

Ia pernah menjabat Kepala Bidang (Kabid) Pendidikan Menengah dan Tinggi (Dikmenti) di Dinas Pendidikan Nasional (Diknas) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut). 

Ia pernah pula menjabat Kabid Pembinaan Sekolah Menengah Atas (PSMA) di Dinas Pendidikan Daerah (Dikda) Provinsi Sulut.

Tumipa bukan orang asing di kalangan birokrat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) dan masyarakat Minsel. 

Sebelum bertugas di lingkup Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulut, lelaki asal Modoinding ini pernah mengabdi cukup lama di jajaran Pemkab Minsel, sejak tahun 2003 hingga 2011. 

Ketika itu, Kabupaten Minsel baru terbentuk dan dipimpin oleh Pejabat Bupati Drs. Ramoy Markus Luntungan (RML).

Di era Bupati pertama Minsel tersebut, magister pendidikan jebolan University of Newcastle-Inggris ini, pernah bertugas di Tata Usaha Pimpinan (TUP) Bupati.

 Arthur Donald Tumipa, M.Ed bersama keluarga. (foto: Ist)

Ketika RML terpilih dan memimpin sebagai Bupati Definitif Minsel pada periode 2005-2010, karir Tumipa pun makin bersinar.

Selang tahun 2007 hingga 2009, alumni SMA Negeri 1 Manado ini dipromosi menjadi Camat Modoinding.

Ketika bertugas sebagai Camat Modoinding, ia terpilih sebagai Camat Teladan Tingkat Nasional Tahun 2009.

Sebagai penghargaan, ia pun diundang mengikuti upacara peringatan HUT Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-64 di Istana Negara, di Jakarta.

"Sungguh pengalaman yang sangat berkesan dan berharga bagi saya, yang sulit untuk dilupakan. Seumur hidup, baru kali itu saya menginjakkan kaki di Istana Negara," tutur Tumipa saat ditemui wartawan di ruang kerjanya.

Karena prestasi itu, Tumipa ditarik kembali ke Kantor Bupati Minsel dan diberi penghargaan.

Dia dipromosi menjabat Kepala Bagian (Kabag) Pemerintahan, selang tahun 2009 sampai 2011. 

Pegawai Negeri Sipil (PNS) Teladan Tingkat Provinsi Sulut Tahun 2006 tersebut, tetap eksis dan terus berkiprah di lingkup Pemkab Minsel, meski terjadi beberapa kali pergantian bupati.

Ayah dari tiga anak ini kemudian hijrah ke lingkup Pemprov Sulut pada tahun 2011. 

Dua tahun kemudian, mulai tahun 2013 hingga 2014, suami dari Ketua BPMJ GMIM "Bukit Maesa" Karombasan Winangun (KaroWin) Manado, Pdt. Melty V. Sumerah, M.Th ini,  dipercayakan menjabat Kabid Pengelolaan Batas Negara.

Selang tahun 2014 hingga 2017, ia menjabat Kabid Dikmenti di Dinas Pendidikan Nasional Provinsi Sulut.

Setahun kemudian, birokrat murah senyum dan low profile ini menjabat Kabid  PSMA di Dinas Pendidikan Daerah Provinsi Sulut. 

Jabatan tersebut dipegangnya sejak tahun 2018 hingga 2021.

Usai Pilkada 2020, Tumipa kembali hijrah ke Minsel dan mengikuti seleksi terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP) di lingkup Pemkab Minsel.

Ia lolos seleksi dan dilantik sebagai Asisten Administrasi Umum Setdakab Minsel oleh Bupati Minsel Franky Donny Wongkar, SH, pada Desember 2021 lalu.

Dan pada 24 Maret 2022, ia akhirnya ditunjuk sebagai Plt. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Minsel, merangkap Asisten Administrasi Umum.

Seminggu kemudian, tepatnya Kamis (31/03/2022) sore, digelarlah acara serah terima jabatan (sertijab) Kadis Dikbud Minsel dari pejabat lama Dr. Fietber Soleman Raco, S.Pd, M.Si, kepada Arthur Donald Tumipa, M.Ed, di Restoran Golden Century. 

Dalam sambutannya, Tumipa menegaskan bahwa ia tidak bisa berbuat banyak bila tidak ditopang oleh segenap Aparatur Sipil Negara (ASN) di jajaran Dinas Dikbud Minsel, para Kepsek dan pelaku pendidikan lainnya.

"Karena itu, tolong bantu saya. Mari kita bekerja sama, saling bergandengan tangan demi kemajuan dunia pendidikan Minsel ke depan," pinta Tumipa.

Jajaran Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Minsel foto bareng usai acara sertijab. (foto: Sulut24/Simon)

Pada kesempatan itu, ia pun tidak lupa menyampaikan terima kasih kepada Bupati Minsel Franky Donny Wongkar, SH dan Wakil Bupati Pdt. Petra Yani Rembang, M.Th, yang telah memberikan kepercayaan kepadanya untuk menahkodai Dinas Dikbud Kabupaten Minsel.

Kegiatan sertijab tersebut dihadiri para pejabat eselon III dan IV Dinas Dikbud Minsel, perwakilan Kepala Sekolah yang menjadi pengurus Musyawarah Kepala-Kepala Sekolah (MKKS) dan Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) dari 17 kecamatan se-Kabupaten Minsel. (Simon)