Ketua Mathla'ul Anwar Sulut Minta MUI Gerak Cepat Terkait Kelompok Islam Yang Menyimpang - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Widget HTML Atas

Ketua Mathla'ul Anwar Sulut Minta MUI Gerak Cepat Terkait Kelompok Islam Yang Menyimpang

Ketua Mathla'ul Anwar Sulawesi Utara (Sulut) Awaluddin Pangkey (Foto: Ist)

Sulut24.com, MANADO - Beberapa waktu lalu dunia maya dihebohkan dengan vidio viral konvoi sepeda motor yang dilakukan oleh kelompok Khilafatul Muslimin di wilayah Jakarta Timur yang diduga membawa atribut khilafah. 

Aksi kelompok Khilafatul Muslimin tersebut turut mengundang perhatian dan komentar dari berbagai kalangan diantaranya Ketua Mathla'ul Anwar Sulawesi Utara (Sulut) Awaluddin Pangkey. 

Dirinya menilai kelompok tersebut merupakan kelompok sempalan dan berkaitan dengan pemahaman cabang yang ada di Islam. 

Menurut Pangkey Majelis Ulama Indonesia (MUI) harus segera melakukan penelitian terkait Khilafatul Muslimin.

"Karena MUI punya standar untuk menentukan satu sekte atau kelompok sesat atau tidak, untuk itu MUI harus segera melakuka penelitian terkait Khilafatul Muslimin," ujarnya Sabtu (4/6/2022). 

Ia menilai hal tersebut sangat penting karena MUI dapat memberikan fatwa untuk satu kelompok atau sekte sesuai dengan ajaran Islam atau sebaliknya.

"Karena jika ditemukan hal-hal yang menyangkut ajaran yang melenceng dari Islam, MUI harus mengharamkan. Karena ajaran yang melenceng dilarang dalam Islam," ucap Pangkey.

Pangkey berharap agar MUI mengambil tindakan yang cepat agar isu-isu seperti ini tidak menjadi polemik ditengah masyarakat dan kemudian di goreng untuk kepentingan tertentu. (fn)