Hasil RDP Komisi II: Sampah B3 Bukan Milik RS Centra Medika - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Widget HTML Atas

Hasil RDP Komisi II: Sampah B3 Bukan Milik RS Centra Medika

Anggota Komisi II DPRD Minahasa Utara Arnold CH. Lamonge SH (Foto: Ist)

Sulut24.com, MINUT - Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Minahasa Utara Senin (10/10/2022) menggelar rapat dengar pendapat dengan pihak Rumah Sakit Centra Medika Manado, Dinas Lingkungan Hidup dan Dinas Kominfo Minut.

Rapat Dengar Pendapat (RDP) tersebut dipimpin langsung Ketua Komisi II DPRD Minut Stendy. S. Rondonuwu didampingi Sekretaris Komisi II Wellem Katuuk SH. MH, Arnold CH. Lamonge SH, Ennike Marasi SE. Ak dan Jerry Umboh.

Sedangkan dari pihak RS Centra Medika Manado dihadiri Wakil Direktur Umum Junaedi Sitorus.

Anggota Komisi II DPRD Minahasa Utara Arnold CH Lamonge SH kepada media Sulut24.com mengatakan dalam RDP tersebut pihaknya memintah penjelasan terkait sampah B3 yang ditemukan dalam sidak Komisi II yang lalu.

Menurut Lamonge penjelasan dari pihak RS Centra Medika bahwa itu bukan sampah mereka sebab mereka memiliki tempat sampah khusus.

"Itu bukan sampah pihak RS Centra Medika. Karena mereka punya tempat sampah khusus untuk sampah B3," ujar Lamonge mengutif penjelasan dari pihak Centra Medika. 

Kendati demikian menurut Lamonge dalam hearing tersebut pihak Komisi II DPRD Minut telah mengeluarkan warning keras agar kejadian pembuangan sampah B3 secara sembrangan tidak dilakukan lagi disekitar RS. Centra Medika.

"Apakah itu sampah dari luar atau dari mana tidak boleh dibuang secara semberangan. Memang untuk saat ini belum ada korban jiwa terkait kasus ini, namun kami Komisi II sudah melakukan warning keras agar kejadian ini tidak terjadi lagi karena ini berdampak pada pencemaran lingkungan sekitarnya," tuturnya.

Lamonge menjelaskan dalam RDP tersebut pihak RS Centra Medika telah berjanji akan memperbaiki sistem pengelolaan sampah.

Politisi dari Partai Demokrat ini mengatakan Pemerintah dan DPRD Minahasa Utara sangat mendukung para investor untuk datang di Minut.

Apalagi dengan hadirnya RS Centra Medika di Minahasa Utara. Namun hal itu juga harus ada rasa tanggung jawab dari pihak RS Centra Medika untuk menjaga kelestarian lingkungan yang ada jangan sampai limbah tersebut bisa mengancam nyawa banyak orang. (Joyke)