Kapolda Sulut Didampingi Forkopimda Minsel Tinjau Lokasi Kebakaran Pasar Amurang - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Widget HTML Atas

Kapolda Sulut Didampingi Forkopimda Minsel Tinjau Lokasi Kebakaran Pasar Amurang

 

Didampingi Forkopimda Minsel, Kapolda Sulut Irjen Pol. Drs. Mulyatno, S.H, M.M meninjau lokasi kebakaran Pasar Amurang. (Foto: Ist)

Sulut24.com, MINSEL - Kapolda Sulawesi Utara (Sulut) Irjen Pol. Drs. Mulyatno, SH, MM meninjau langsung lokasi bencana kebakaran Pasar 54 Amurang, di Kelurahan Uwuran Satu dan Kelurahan Ranoiapo, Kecamatan Amurang, Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel), Sabtu (01/10/2022) siang.

Pada kesempatan itu, Kapolda Sulut turut didampingi Direktur Intelkam Polda Sulut Kombes Pol. Albert Sarita Marulam Sihombing. 

Tiba di lokasi Pasar 54 Amurang, Kapolda Sulut langsung disambut oleh Bupati Minsel Franky Donny Wongkar, SH didampingi Wakil Bupati Pdt. Petra Yani Rembang, M.Th bersama jajaran Forkopimda Minsel yakni Kapolres Minsel AKBP C. Bambang Harleyanto, SIK, dan Kajari Minsel Budi Hartono, SH, M.Hum. 

Terpantau, Kapolda Sulut dan rombongan berjalan keliling lokasi Pasar 54 Amurang untuk melihat langsung kerusakan yang diakibatkan oleh bencana kebakaran tersebut.

"Kehadiran kami di sini sebagai wujud keprihatinan melihat musibah kebakaran yang terjadi dan menimpa saudara-saudara kita. Selanjutnya kami dari pihak kepolisian bekerja sama dengan otoritas setempat akan bergotong royong membersihkan lokasi bencana kebakaran ini," ujar Kapolda Sulut saat diwawancarai wartawan.

Jenderal bintang dua lulusan Akpol 1988 ini menambahkan, pihak kepolisian juga akan memeriksa saksi-saksi yang pertama kali melihat kejadian dan akan bekerja sama dengan Laboratorium Forensik (Labfor) Polri untuk mengetahui dari mana asal sumber api untuk selanjutnya dilakukan penyelidikan. 

"Bila ditemukan adanya unsur-unsur lain (indikasi tindak pidana, red), maka akan ditingkatkan ke penyidikan," tegas Kapolda Sulut.

Mantan Kapolres Aceh Utara dan Widyaiswara Kepolisian Utama Tingkat I Sekolah Staf dan Pimpinan Lembaga Pendidikan dan Pelatihan (Sespim Lemdiklat) Polri ini juga mengimbau masyarakat korban bencana untuk bersabar dalam menghadapi kejadian ini. 

Kapolda Sulut didampingi Bupati dan Forkopimda Minsel saat meninjau lokasi kebakaran Pasar 54 Amurang. (Foto: Sulut24/Simon)

Orang nomor satu di jajaran Polda Sulut ini memastikan, nantinya banyak pihak yang akan turut membantu memberikan pertolongan ataupun upaya untuk membangun kembali bersama jajaran Pemerintah Daerah (Pemda) dan stakeholder yang ada. 

"Semoga kedepan kita bisa segera memulihkan situasi keamanan, perekonomian bisa bergulir kembali, dan masyarakat bisa segera melakukan aktivitas seperti semula," pungkas Perwira Tinggi (Pati) Polri asal Pemalang, Jawa Tengah ini.

Sementara Bupati Minsel Franky Donny Wongkar, SH menegaskan, meski sebagian besar kios dan lapak sudah ludes terbakar namun aktivitas di Pasar 54 Amurang tidak boleh berhenti dan harus tetap berjalan.

"Sebab ini berkaitan dengan kebutuhan pokok masyarakat. Terkait kerugian yang dialami masyarakat dan pedagang, akan kami inventarisir, identifikasi dan selanjutnya akan ditempuh langkah-langkah yang terbaik guna membantu para korban bencana," tegas pejabat publik yang akrab disapa FDW ini. 

Ditanya apakah Pemkab Minsel akan melakukan upaya rehabilitasi atau relokasi Pasar Amurang, Bupati FDW mengatakan bahwa hal itu perlu dikaji dulu.

"Nanti akan kami kaji. Lagipula, kami masih harus tunggu dulu hasil pemeriksaan dari Labfor Polri mengenai penyebab kebakaran ini," imbuh mantan anggota DPRD Provinsi Sulut selama 3 periode ini.

Usai meninjau lokasi bencana kebakaran Pasar 54 Amurang dan sebelum bertolak kembali ke Manado, Kapolda Sulut bersama rombongan berkenan memenuhi undangan Bupati Minsel untuk santap siang di Shiera Resto and Cottage.

Diketahui, musibah kebakaran Pasar 54 Amurang terjadi pada Jumat (30/09/2022) malam sekira pukul 23.20 WITA.

Suasana pasar Pasar 54 Amurang pasca kebakaran (Foto: Sulut24/Simon)

Akibatnya, sekitar 300-an lapak, kios dan ruko, sebuah sekolah (SDN 1 Amurang), mini market Indomaret dan puluhan rumah penduduk ludes dilalap si jago merah.

Beruntung tidak ada korban jiwa akibat kejadian tersebut.

Sementara penyebab kebakaran hingga kini masih dalam penyelidikan pihak kepolisian. 

Hingga kini personel gabungan Polres Minsel, TNI, dan Sat Pol PP Pemkab Minsel tampak masih melakukan pengamanan di lokasi kebakaran yang telah diberi garis polisi. (Simon)