Tim Brazil Antara Memetik Kemenangan dan Menghibur - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Widget HTML Atas

Tim Brazil Antara Memetik Kemenangan dan Menghibur

Pemain timnas Brazil (Foto via khelnow.com) 

Sulut24.com, JAKARTA - Laga babak perempat final atau 8 besar dimulai , Jumat Malam ini (9/12). Tentu  delapan  pelatih ,bersama tim  yang bertarung itu sudah mempersiapkan diri dengan baik dan maksimal dengan strategi yang jitu demi untuk menggengam tiket ke semi final Piala Dunia 2022 Qatar. 

Setiap tim tidak mau terlena babak delapan besar ini. Semua tim bertekad dan memiliki motivasi untuk memenangkan partai yang dipentaskan.   

Para pemain dan pelatih bersama official saat ini lebih fokus untuk menghadapi babak ini. Yang keluar sebagai pemenang adalah tim yang paling siap baik secara tehnik dan mental serta disiplin di lapangan menerapkan strategi pelatih. Dan tak kalah pentingnya, tentu  kebugaran mental para pemain yang berlaga.

Delapan tim yang berlaga itu memiliki karakter yang berbeda.Dan semua tim ingin menatap ke langkah yang lebih baik dari babak perempat ini.

Perempat final diawali pertarungan tim yang divaforitkan menjuarai  piala dunia 2022, Brazil menghadapi Kroasia, Jumat malam (9/12) dan Belanda versus Argentina, Sabtu subuh (10/12).

Tim Brazil  yang bertekad membawa  gelar piala dunia untuk ke enam kalinya ke negaranya, tentu menurunkan kekuatan penuh dan pemain pemain paling siaplah yang akan menjadi Starter.

Sesuai dengan julukannya Seleqao yang bermakna orang orang terpilih, membuat sang pelatih, Tite sedikit memutar otak untuk  memilih menurunkan pemain sebagai starter menghadapi Kroasia.

Karena Tite membawa  pemain yang bertalenta dan berkualitas serta skill  individu yang hampir merata baik. Secara tim work, Thiago Silva dan kawan-kwan, cukup mumpuni.

Permainan Neyma dan kwan kawan  tidak hanya bertujuan memetik kemenangan, tapi juga menghibur penonton dunia. Mereka bertanding bak menonton carnaval jika mencetak gol. Mereka berseleberasi dengan menari menyambut gol yang dicetak ke gawang lawan.

Menghadapi Kroasia, sang arsitek Tite akan munurunkan , penjaga gawang dipercayakan kepada Kiper asal Liverpool, Alisson, jantung pertahanan  ditempati Kapten, Thiago Silva, Marquinhos dibantu dua bek sayap, Danilo, Eder Militao. Kemudian  Casemiro berduet dengan Lucas Paqueta di tengah sementara di depan bintang sepakbola dunia, Neymar didampingi winger lincah, Vinicius Junior, Raphael dan ujung tombak, Richarlison.

Dengan komposisi tim Brazil seperti ini akan membuat Kroasia yang dikomandoi Kapten tim yang sudah berusia 37 tahun, Luca Modric yang menjadi otak dan roh tim Kroasia, harus bekerja ekstra keras menahan gempuran,Neymar, Vinicius dan Richarlison yang dibantu Casemiro, Paqueta dan dua wing bek, Danilo dan Eder Militao.

Neymar, Richarlison dan pemain lainya cukup kreatif melakukan serangan dengan kombinasi umpan-umpan pendek yang bervariasi, sehingga menyulitkan pemain bertahan Kroasi untuk menjaga dan membaca setiap gerakan pemain.

Tim Seleqao ini selain tangguh, penuh improvisasi dari pemain yang dipertontonkan di lapangan. Tak salah jika Neymar dan kawan-kwan disebut sebagai seniman lapangan hijau. Selain memetik kemenangan, Brazil memberi hiburan kepada penonton

Lini tengah adalah lini vital dan menjadi ajang pertarungan, dari Kroasia, tentu Modric dibantu Brozovic dan Kovacic harus lebih agresif dan kreatif mensupplai bola ke depan yang dipercayakan kepada winger berpengalaman, Perisic, bomber Parkovic, Kramaric serta trio lini tengah Kroasia ini jadi perisai pertahanan sebagai pelapis pertama untuk menahan bakal serangan bertubi tubi Neymar dan kawan-kawan.

Penjaga gawang, Livakovic menjadi yang pahlawan saat adu penalti melawan Jepang 16 besar harus lebih sigap dan berkosentrasi penuh. Pasalnya  bakal direpotkan oleh tekanan dan tendangan keras pemain-pemain Brazil yang datang dari berbagai lini. 

Yang harus diwaspadai pasukan Kroasia saat ini  fenomena tim Brazil bahwa semua pemain bisa ikut menyerang dan semua pemain dengan cepat  turun bertahan, jangan sampai dimanfaatkan  Perisic dan kawan-kawan dengan serangan cepat membongkar pertahanan Thiago Silva .

Yang menjadi pertanyaan, apakah pemain-pemain Kroasia sudah dapat tampil bugar setelah bertarung selama 120 menit dan diakhiri dengan adu penalti menghadapi Jepang di 16 besar?, jika pemulihan tenaga bisa teratasi, artinya penonton bisa menikmati sepakbola indah dari kedua tim.

Walaupun Kroasia adalah finalis piala dunia 2018 di Perancis, tapi kali ini diatas kertas Brazil masih unggul. Suasana dalam tim cukup nyaman, dan menjadi salah satu kekuatan, karena peran sang pelatih Tite, tidak hanya bergelut masalah teknis tapi non teknis, Tite juga bisa menjadi motivator dan bapak yang penuh perhatian, sehingga  Neymar dan kawan-kawan memiliki motivasi dan tidak hanya mempersembahkan kemenangan buat Negara, tapi buat sang pelatih. 

Namun Brazil bisa juga kalah hanya karena kepercayaan diri yang berlebiihan dari pemain. Dan  Kroasia  bisa meraih kemenangan itu asalkan dapat memanfaatkan kelengahan dari kepercayaan diri berlebihan  pemain-pemain Brazil, sehingga cukup mempengaruhi penampilan mereka. Karena dalam sepakbola segala kemungkinan bisa terjadi.

Dalam fase grup piala dunia 2006, Brazil menang 1-0. Kemudian piala dunia 2014 di fase grup juga, Brazil menang 3-1.

Di laga persahabatan 2005, dua tim main imbang 1-1 dan laga yang sama tahun 2018, Brazil menang 2-0 .

Pertahanan Brazil yang di galang Thiago Silva cukup tangguh hanya kebobolan 2 gol sejak penyisihan dan 16 besar, Neymar dan kawan-kawan di depan, cukup produktif,  mengoleksi 7 gol. (Eddy Lahengko)