Pengamanan Idul Fitri 1444 H, Polres Minsel Gelar Ops Ketupat Samrat 2023 - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Widget HTML Atas

Pengamanan Idul Fitri 1444 H, Polres Minsel Gelar Ops Ketupat Samrat 2023

Penyematan pita operasi kepada perwakilan personel TNI oleh Kapolres Minsel AKBP Feri R. Sitorus, SIK, MH. (Foto: Humas Polres Minsel)

Sulut24.com, MINSEL - Apel gelar pasukan Operasi Kepolisian Terpusat Ketupat Samrat 2023 dilaksanakan di halaman utama Polres Minahasa Selatan (Minsel), Senin (17/04/2023).

Pada kesempatan itu, Kapolres Minsel AKBP Feri R. Sitorus, SIK, MH bertindak selaku pimpinan apel, didampingi perwira apel Kasat Lantas Iptu Bayu Damara Hadiputra, S.Tr.K, SIK dan komandan apel Iptu Jemmy Waraba.

Apel gelar pasukan Operasi Kepolisian Terpusat Ketupat Samrat 2023 mengangkat tema "Mudik Aman Berkesan".

Ops Ketupat Samrat 2023 akan dilaksanakan selama 14 hari, terhitung mulai tanggal 18 April hingga 1 Mei 2023. 

Peserta apel gelar pasukan Ops Ketupat Samrat 2023 terdiri dari personel gabungan TNI-Polri, unsur Basarnas dan mitra kamtibmas lainnya.

Sejumlah instansi terkait di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minsel juga turut hadir. Antara lain Dinas Perhubungan (Dishub), Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol PP), dan Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan.

Pada kesempatan tersebut, Kapolres Minsel AKBP Feri R. Sitorus, SIK, MH membacakan amanat Kapolri Jenderal Pol. Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si.

Dalam amanatnya, Kapolri Jenderal Sigit mengatakan operasi ini dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia dari Mabes Polri hingga satuan kewilayahan.

Menurutnya, apel gelar pasukan merupakan bentuk pengecekan akhir kesiapan pengamanan Operasi Ketupat tahun 2023.

Kegiatan ini juga sebagai wujud nyata sinergitas Polri dengan stakeholder terkait dalam rangka pengamanan mudik dan Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah.

"Operasi ini telah diawali dengan kegiatan rutin yang ditingkatkan (KYRD) dari tanggal 10 -16 April 2023 dan akan dilanjutkan pasca operasi tanggal 2-9 Mei 2023," tutur Kapolri Sigit sebagaimana dibacakan Kapolres Minsel.

Pada bagian lain amanatnya, Kapolri Sigit juga menyampaikan enam arahan agar dipedomani dan dilaksanakan jajarannya di lapangan. 

Pertama, laksanakan tugas dengan sungguh-sungguh dan tanamkan dalam diri bahwa melakukan pengamanan dalam Operasi Ketupat 2023 adalah sebuah kehormatan, sekaligus ladang amal ibadah bagi kita semua.

Kedua, kedepankan langkah-langkah humanis, terapkan buddy system dan pedomani SOP, agar dapat memberikan pelayanan terbaik dengan "Presisi" sebagaimana harapan masyarakat.

Ketiga, pastikan ketersediaan perlengkapan pribadi, sarana prasarana dan berbagai fasilitas penunjang lainnya pada setiap pos pengamanan, pos pelayanan, maupun pos terpadu, sehingga mampu mendukung pelaksanaan tugas secara optimal.

Keempat, berbagai langkah-langkah yang dilakukan pada pengamanan arus mudik juga harus diterapkan pada arus balik, sehingga kita mampu mengawal perjalanan mudik dari keberangkatan hingga kepulangan, agar masyarakat mendapatkan kegembiraan bertemu sanak saudara dan bisa kembali dengan selamat.

Kelima, pastikan informasi terkait kebijakan dan perkembangan situasi lalu lintas terkini tersampaikan dengan baik melalui iklan layanan masyarakat. 

"Lakukan penguatan komunikasi publik, baik menggunakan media TV-Radio nasional maupun lokal, serta media streaming Polri TV-Radio melibatkan tokoh agama (toga), tokoh masyarakat (tomas), influencer dan public figure," imbau Kapolri Sigit.

Keenam, perkuat sinergisitas dan soliditas antara petugas pengamanan maupun stakeholder terkait, karena hal tersebut merupakan kunci keberhasilan Operasi Ketupat 2023.

Kapolres Minsel AKBP Feri R. Sitorus, SIK, MH sedang membacakan amanat Kapolri. (Foto: Humas Polres Minsel)

Di akhir amanatnya, Jenderal Sigit mengucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh personel pengamanan yang terdiri dari TNI-Polri, Kementerian terkait, BNPB, BMKG, Basarnas, Pertamina, Jasa Raharja, Jasa Marga, Sat Pol PP, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Pramuka dan mitra kamtibmas lainnya. 

Dia juga mengapresiasi seluruh pihak yang telah berpartisipasi dalam mendukung Operasi Ketupat 2023, serta tidak lupa mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa Ramadhan dan selamat merayakan Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah kepada seluruh umat Islam yang merayakan. 

"Semoga di bulan yang penuh rahmat ini, kita mampu mendapatkan ampunan dan menyambut hari kemenangan dengan hati yang suci," demikian kutipan amanat Kapolri yang dibacakan Kapolres Minsel.

Apel gelar pasukan ini ditandai dengan penyematan pita operasi kepada empat perwakilan personel dari TNI, Polri, dan Sat Pol PP.

Apel gelar pasukan Operasi Samrat 2023 ini turut dihadiri Bupati Minsel Franky Donny Wongkar, SH, bersama jajaran Forkopimda Minsel. 

"Polres Minsel bersama stakeholder terkait, siap menjaga dan mengamankan hari raya Idul Fitri 1444 H serta siap mengawal mudik yang aman berkesan," ujar Kapolres Minsel AKBP Feri R. Sitorus, SIK, MH, saat ditemui usai kegiatan tersebut. (Simon)