Hari Ini, Ratusan Calon Bintara PTU Kiriman Polres Minsel dan Polres Mitra Ikut Rikkes Tahap I - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Widget HTML Atas

Hari Ini, Ratusan Calon Bintara PTU Kiriman Polres Minsel dan Polres Mitra Ikut Rikkes Tahap I

Ratusan Casis Bintara dan Tamtama kiriman Polres Minsel saat digeser ke Polda Sulut. (Foto: Sulut24/Simon)

Sulut24.com, MANADO - Ratusan Calon Siswa (Casis) Bintara Polisi Tugas Umum (PTU) dari pengiriman Polres Minahasa Selatan (Minsel) dan Polres Minahasa Tenggara (Mitra) akan mengikuti Pemeriksaan Kesehatan (Rikkes) tahap I, Jumat (05/05/2023) hari ini.

Rikkes tahap I ini digelar di Aula Fakultas Hukum Unsrat Manado (gedung lama), dan diawali dengan apel mulai pukul 06.00 Wita.

Panitia Daerah (Panda) Polda Sulut melibatkan tim dokter dari Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Bid Dokkes) Polda Sulut dan Rumah Sakit Bhayangkara Tingkat III Manado dalam kegiatan ini.

Giliran pertama yang akan menjalani Rikkes tahap I adalah 137 Casis Bintara PTU kiriman Polres Minsel.

Giliran berikutnya, yakni pukul 13.00 Wita, puluhan Casis Bintara PTU dari pengiriman Polres Mitra. 

Tes Rikkes awal ini bertujuan untuk mengetahui kondisi tubuh dan kesehatan para Casis Bintara PTU sebagai persyaratan utama untuk menjadi calon anggota Polri Tahun Anggaran (T.A) 2023.

Tes ini merupakan awal dari rangkaian seleksi Penerimaan Terpadu Anggota Polri T.A 2023 yang akan mempengaruhi hasil pada seleksi berikutnya. 

Usai menjalani Rikkes tahap I, pada hari yang sama para peserta seleksi akan diumumkan hasilnya, apakah Memenuhi Syarat (MS) atau Tidak Memenuhi Syarat (TMS). 

Bagi Casis Bintara PTU yang dinyatakan MS, akan mengikuti tahapan seleksi berikutnya, yakni Tes Psikologi. Sementara bagi yang dinyatakan TMS, langsung tereliminasi dalam proses seleksi calon anggota Polri T.A 2023 ini.

Proses Rikkes tahap I ini diawasi langsung oleh pengawas internal dari Inspektorat Pengawasan Daerah (Itwasda), Bidang Profesi dan Pengamanan (Bid Propam) Polda Sulut, dan pengawas eksternal.

Pengawasan ketat ini dilakukan untuk memastikan tahapan seleksi berjalan sesuai prinsip BETAH (Bersih, Transparan, Akuntabel dan Humanis), sebagai wujud Polri yang Presisi (Prediktif, Responsibilitas, Transparansi, Berkeadilan).

"Tes Rikkes tahap I ini meliputi pengecekan tekanan darah, nadi, pengukuran tinggi dan berat badan, postur, pemeriksaan THT (Telinga, Hidung dan Tenggorokan), pengecekan kesehatan mata, tes buta warna dan pemeriksaan kesehatan gigi," ungkap sumber pejabat di Bid Dokkes Polda Sulut kepada wartawan.

Ratusan calon anggota Polri asal Minsel dan Mitra akan mengikuti Rikkes tahap I, hanya selang dua hari setelah digeser ke Polda Sulut. (Foto: Sulut24/Simon)

Dari sumber resmi di Biro Sumber Daya Manusia (SDM) Polda Sulut, wartawan juga mengantongi sejumlah ketentuan yang wajib ditaati peserta Rikkes tahap I.

Ketentuan dimaksud adalah sebagai berikut:

1. Mengikuti apel pada pukul 06.00 Wita di Aula Fakultas Hukum Unsrat (gedung lama);

2. Membawa kaos oblong putih dan celana pendek putih (kaos dan celana sudah dipakai dari rumah, dirangkap menggunakan kemeja batik dan celana kain warna hitam);

3. Membawa blangko rikkes yang sudah terisi yang telah dibagikan oleh panitia;

4. Membawa materai 10.000;

5. Membawa bekal makanan dari rumah;

6. Wajib menggunakan masker dan membawa hand sanitizer masing-masing (sebaiknya bawa masker cadangan);

7. Wajib membawa hasil Rapid Antigen 1x24jam;

8. Bagi Casis pria potongan rambut wajib 1cm;

9. Bagi yang membawa kendaraan, lokasi parkir disediakan di parkiran depan (belakang portal masuk Kampus Unsrat), setelah itu berjalan kaki menuju lokasi tes. Casis dilarang membawa kendaraan ke dalam area kampus Unsrat;

10. Orang tua/saudara tidak diperbolehkan masuk ke area tes. Batas pengantaran Casis hanya sampai portal masuk Kampus Unsrat. (Simon)