Jan Maringka: Hut Emas KKK Launching Tanam Kelapa Genjah di TMII - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Widget HTML Atas

Jan Maringka: Hut Emas KKK Launching Tanam Kelapa Genjah di TMII

Dr. Jan Maringka bersama Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey saat kegiatan Halal Bihalal Alumando (Foto: Ist)

Sulut24.com, MINUT - Perayaan 50 tahun Kerukunan Keluarga Kawanua (KKK) Minggu (21/5/2023) berlangsung meriah dan sukses.

Kali ini perayaan 50 tahun Kerukunan Keluarga Kawanua (KKK) di ketuai langsung Dr. Jan Maringka yang saat ini menjabat Inspektur Jendral Kementrian Pertanian (Kementan).

Dalam perayaan Ketua Umum Panitia Dr. Jan Maringka bersama Ketua Umum DPP KKK Angelica Tengker telah melakukan launching kegiatan peringatan 50 tahun KKK dengan menanam bibit pohon kelapa di halaman depan Anjungan Sulawesi Utara di TMII Jakarta Timur.

Ketua Panitia Perayaan 50 Tahun KKK Dr. Jan Maringka menjelaskan jenis kelapa yang ditanam adalah Kelapa Genjah yang memiliki keunggulan antara lain potensi buah per pohon per tahun dapat mencapai 80 s.d. 120 buah.

Tanaman Kelapa Genjah ini mulai panen pada umur 3 tahun dan ini salah satu produsen benih Kelapa Genjah dari Balai Penelitian Tanaman Palma Manado.

Menurutnya DPP KKK menggelorakan imbauan Gubernur Sulawesi Utara "Marijo Bakabong"

"Kerukunan Keluarga Kawanua untuk lebih mempersatukan perbedaan dan membuat kita, semakin solid dalam kekeluargaan yang aman dan nyaman," ucap mantan Jaksa Agung Muda Bidang Intelijen ini.

Ketua Umum Panitia Hut 50 Tahun Kerukunan Keluarga Kawanua (KKK) Dr. Jan Maringka (Foto: Ist)

Maringka yang juga pernah menjabat Staf Ahli Jaksa Agung RI bidang Perdata dan Tata Usaha Negara ini menjelaskan wadah ini juga mempererat silahturahmi.

Selain itu Jan Maringka mengajak keluarga Kawanua untuk ikut berpartisipasi pada rangkaian kegiatan mulai dari Malam Budaya, Dialog Ketahanan Pangan dan Budaya yang akan diselenggarakan pada Bulan Juni mendatang di Auditorium Kementerian Pertanian.

Maringka juga mengimbau warga Kawanua tetap menjaga kerukunan sehingga persatuan kian kuat.

"Mulai sekarang dan untuk masa yang akan datang. Esa Lalan, Esa Toruan. Sejalan dan satu tujuan," tutupnya. (Joyke)