Ikut Seleksi Tingkat Panpus, Enam Catar Akpol Kiriman Polda Sulut Bertolak ke Semarang - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Widget HTML Atas

Ikut Seleksi Tingkat Panpus, Enam Catar Akpol Kiriman Polda Sulut Bertolak ke Semarang

AKP Duwi Galih Prasetiawan, S.IK, MH dan Ipda Inkiriwang saat mengantar Calon Taruna Akpol kiriman Polda Sulut di Bandara Samrat Manado. (Foto: Sulut24/Simon Manorek)

Sulut24.com, MANADO - Setelah dinyatakan lulus terpilih pada Sidang Penetapan Kelulusan Akhir Tingkat Panitia Daerah (Panda) Sulawesi Utara (Sulut) yang digelar di Ruang Tri Brata Polda Sulut pada

Senin (03/07/2023) sore, enam Calon Taruna (Catar) Akademi Kepolisian (Akpol) utusan Polda Sulut secara bertahap mulai bertolak menuju Kota Semarang, Provinsi Jawa Tengah.

Kloter pertama terdiri dari tiiga orang yakni dua taruna atas nama Teno Heka dan Raden Prashpatara Dhiza Ginantaka (keduanya kiriman Polresta Manado) serta satu taruni atas nama Michelle Teresia Indharmawan (kiriman Polres Bitung). Mereka bertolak menuju Semarang melalui Bandara Sam Ratulangi (Samrat) Manado pada Selasa (04/07/2023).

Sementara kloter kedua terdiri dari tiga taruna atas nama Galang Arasy Aprilyanto Fathullah (kiriman Polres Minahasa Utara), Yeheskiel Wurara (kiriman Polresta Manado) dan Al-Munawar Marselino (kiriman Polres Bitung). Ketiganya berangkat ke Semarang, juga melalui Bandara Samrat Manado pada Rabu (05/07/2023) pagi.

Terpantau, keberangkatan Galang, Yeheskiel dan Al-Munawar diantar langsung oleh orang tua mereka masing-masing. 

Selain itu,  mereka juga dikawal oleh Kasubbag Penyediaan Personel (Diapers) Bagian Pengendalian Personel (Bagdalpers) Biro Sumber Daya Manusia (Ro SDM) Polda Sulut, AKP Duwi Galih Prasetiawan, S.IK, MH, didampingi Ipda Inkiriwang W selaku Perwira Pendamping (Paping).

Tampak pula Kapolsek Bandara Samrat Iptu Eko Feryyanto bersama istri yang merupakan orang tua dari Catar Galang Arasy Fathullah.

Selama mengikuti tahapan seleksi tingkat Panitia Pusat (Panpus), mereka akan didampingi oleh Paping Ipda Inkiriwang W. Satu-satunya perwakilan orang tua yang ikut berangkat ke Semarang adalah ibu Noura Assah, ibu kandung dari Catar Yehezkiel Wurara. 

Sekitar pukul 06:40 WITA, Galang dan kedua temannya akhirnya masuk ke dalam pesawat Batik Air dan bertolak menuju Kota Semarang.

Calon Taruna asal Sulut bersama Perwira Pendamping Ipda Inkiriwang foto di depan gerbang Akpol. (Foto: Sulut24/Simon Manorek)

"Keenam Catar Akpol kiriman Polda Sulut ini akan menjalani tahapan seleksi Penerimaan Terpadu Calon Anggota Polri Tahun Anggaran 2023 jalur Akpol tingkat Panpus yang dilaksanakan langsung di Kampus Akpol," tutur Karo SDM Polda Sulut Kombes Pol Ari Wahyu Widodo melalui Kasubbag Diapers Bagdalpers AKP Duwi Galih Prasetiawan, S.IK, MH, ketika dihubungi wartawan, Rabu (05/07/2023) pagi.

Sementara itu, sumber wartawan di Mabes Polri mengungkapkan, tahapan seleksi Catar Akpol tingkat Panpus dilaksanakan langsung di Kampus Akpol selama hampir sebulan lamanya, mulai tanggal 7 Juli 2023.

Tahapan seleksi tingkat pusat meliputi pemeriksaan administrasi (rikmin), pemeriksaan kesehatan (rikkes), tes psikologi wawancara.

pendalaman Penelusuran Mental Kepribadian (PMK) termasuk rekam jejak media sosial. 

Kemudian, tes akademik dengan sistem CAT (Computer Assisted Test) dengan materi TPA dan Bahasa Inggris, tes kesamaptaan jasmani dirangkaikan dengan antropometri, pemeriksaan penampilan, dan terakhir yakni sidang terbuka penetapan kelulusan akhir tingkat pusat. 

"Kuota Taruna dan Taruni Akpol pada tahun anggaran 2023 ini, sebanyak 175 orang, terdiri dari 150 pria dan 25 wanita. Adapun pembukaan pendidikan Taruna dan Taruni Akpol Angkatan 58 akan dimulai pada 2 Agustus 2023 mendatang," ungkap pejabat Mabes Polri yang enggan disebutkan namanya ini. (Simon)