Kapolres Minsel Pimpin Apel Gelar Pasukan, Operasi Patuh Samrat 2023 Resmi Dimulai - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Widget HTML Atas

Kapolres Minsel Pimpin Apel Gelar Pasukan, Operasi Patuh Samrat 2023 Resmi Dimulai

Operasi Kepolisian Kewilayahan dengan sandi 'Patuh Samrat 2023' dengan sasaran pelanggaran lalu lintas, resmi dimulai sejak Senin (10/07/2023). (Foto: Sulut24/Simon Manorek)

Sulut24.com, MINSEL - Operasi Kepolisian Kewilayahan dengan sandi 'Patuh Samrat 2023' dengan sasaran pelanggaran lalu lintas, resmi dimulai sejak Senin (10/07/2023). 

Operasi Patuh Samrat 2023 ini diawali dengan apel gelar pasukan yang dipimpin langsung oleh Kapolres Minahasa Selatan (Minsel) AKBP Feri Renaldo Sitorus, SIK, MH, di halaman utama Polres Minsel. Bertindak selaku Komandan Upacara (Dan Up) Ipda Yohanis Anor dari Sat Lantas Polres Minsel.

Operasi ini akan dilaksanakan selama 14 hari mulai tanggal 10 hingga 23 Juli 2023, yang difokuskan pada bidang lalu lintas dengan mengedepankan kegiatan preemtif, preventif dan penegakan hukum secara profesional.

Pada kesempatan itu, Kapolres Minsel AKBP Feri Renaldo Sitorus, SIK, MH membacakan sambutan tertulis Kapolda Sulut Irjen Pol Setyo Budiyanto.

Pemeriksaan kekuatan personel beserta sarana dan prasarana yang ada oleh Kapolres Minsel didampingi jajaran Forkopimda Kabupaten Minsel. (Foto: Sulut24/Simon Manorek)

Dalam sambutan tertulisnya Kapolda Sulut mengatakan, gelar pasukan yang dilaksanakan secara serentak di seluruh kepolisian daerah (polda) dan satuan kewilayahan ini merupakan bagian penting yang harus dilaksanakan dalam suatu proses manajerial.

"Ini untuk memastikan bahwa Polri beserta seluruh instansi terkait dan segenap potensi masyarakat, benar-benar siap, baik dari segi kekuatan personel, kemampuan, maupun kelengkapan sarana prasarana yang akan digunakan sebelum diturunkan ke lapangan," kata Kapolda Sulut sebagaimana dibacakan Kapolres Minsel.

Ditambahkannya, tujuan Operasi Patuh Samrat 2023 ini yaitu menciptakan kondisi Kamseltibcarlantas (Keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalulintas), menekan angka pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas.

"Serta meningkatkan kesadaran pengendara/pengemudi kendaraan bermotor maupun pengguna jalan lainnya untuk patuh pada peraturan dan rambu-rambu lalu lintas," tutur Kapolda Sulut dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Kapolres Minsel.

Kesiapan pelaksanaan Operasi Patuh Samrat 2023 ditandai dengan pemeriksaan kekuatan personel beserta sarana dan prasarana yang ada, baik kendaraan roda dua maupun roda empat oleh Kapolres Minsel didampingi jajaran Forkopimda Kabupaten Minsel.

Penyematan pita operasi oleh Kapolres Minsel kepada perwakilan personel Polri. (Foto: Sulut24/Simon Manorek)

Selain itu, ditandai pula dengan penyematan pita operasi oleh Kapolres Minsel kepada perwakilan personel Polri, TNI, Sat Pol PP, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan, serta Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Minsel. 

Turut hadir dalam kegiatan ini, jajaran Forkopimda Kabupaten Minsel yang terdiri dari Ketua Pengadilan Negeri (PN) Amurang, Bupati Minsel yang diwakili oleh Kepala Dinas Perhubungan Vera Y. Lasut, AP, M.Si, perwakilan Kodim 1302/Minahasa, dan Devaky Julio Bagaskara, SH dari Kejaksaan Negeri (Kejari) Minsel. 

Hadir pula Kepala Dinas Kesehatan Minsel dr. Wiwin Opod, serta unsur mitra kamtibmas yakni Panji Yosua dan Laskar Manguni Indonesia (LMI). (Simon)