Pemkab Bolmut Komitmen Dorong Budaya Melalui Festival Budaya Bolmut - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Widget HTML Atas


Advertisement

Pemkab Bolmut Komitmen Dorong Budaya Melalui Festival Budaya Bolmut



Sulut24.com - Kaidipang, Pagelaran Festival Budaya Dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Bolmut Amin Lasena dengan tema Merajut Ragam Seni dan Budaya Lokal di Lapangan Kembar Boroko (26/6).

Wakil Bupati Bolmut Amin Lasena dalam sambutannya mengatakan "Dengan digelarnya festival budaya ini berharap agar festival kebudayaan dapat menjadi wahana untuk menumbuhkan semangat dan motivasi dalam upaya menggali, melestarikan dan mengembangan nilai-nilai budaya yang hidup, tumbuh dan berkembang di kehidupan masyarakat saat ini".

"Sebagai masyarakat Bolmut patut bersyukur dengan kemajemukan penduduknya membuat daerah ini menyimpan potensi budya multi etnis yang apabila mampu dikemas dengan baik akan menjadi aset yang tidak ternilai harganya." ujarnya.

Sementara Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Nazaruddin Maloho sebagai Ketua Pelaksana menyampaikan bahwa Dinas Pendidikan dan Kebudayaan menggelar kegiatan pagelaran ini untuk penguatan 10 objek budaya lokal.

Beragam budaya yang ada di Bolmut harus gencar diperkenalkan kepada generasi muda, khususnya anak-anak sekolah dan juga seluruh lapisan masyarakat.

Banyak contoh budaya yang bisa diperkenalkan, seperti menganyam, menari, bahasa daerah, menyanyi dan masih banyak lagi budaya yang ada di Bolmut.

"Mari kita perkenalkan identitas kita sebagai daerah yang masih menjaga tradisi dan budaya sehingga bisa mendatangkan nilai ekomoni demi kesejahteraan masyarakat Bolmut" ucapnya.

Dalam Pagelaran Budaya juga ditampilkan berbagai kreasi seni tari, pawai karnaval dan seni menganyam dari perwakilan siswa dan siswi TK, SD, SMP, SMA se Kab. Bolmut dan sanggar tari. (IMS).