Di HUT RI Ke-74 Ini Isi Sambutan Gubernur Olly Yang Dibacakan PLH Bupati Talaud - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Di HUT RI Ke-74 Ini Isi Sambutan Gubernur Olly Yang Dibacakan PLH Bupati Talaud


Pelaksana Harian Bupati Kepulauan Talaud Adolf Binilang (17/8).


Sulut24 - Melonguane, Pelaksana Harian Bupati Kepulauan Talaud Adolf Binilang menjadi Irup pada upacara peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI Ke-74  di Kabupaten Kepulauan Talaud, Sabtu (17/8/2019).

Mengusung tema SDM Unggul, Indonesia Maju, upacara peringatan HUT RI Ke-74 di ujung utara NKRI untuk tingkat Kabupaten dipusatkan di Lapangan Sangkudiman Kecamatan Melonguane.

Membacakan sambutan dari Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey PLH menyampaikan bahwa sebagai warga negara Indonesia, semua pihak memiliki tanggung jawab dan kewajiban untuk terus melanjutkan perjuangan para pendiri negara melalui berbagai upaya.

Lanjutnya peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia, menjadi suatu momentum untuk kembali menata peranan, tugas dan tanggung jawab dalam melanjutkan perjuangan, serta dalam mengisi kemerdekaan melalui pembangunan, sambil melakukan introspeksi, rekonsiliasi dan koreksi diri, dalam rangka me-review setiap upaya dan karya yang telah diabdikan abdikan.

Binilang menambahkan saat ini Presiden RI Ir. Joko Widodo telah menetapkan peta jalan Indonesia guna menyambut era industri 4.0.

"Saat ini, salah satu agenda nasional yang di dalamnya diupayakan ada pembenahan-pembenahan, antara lain mutu SDM domestik," ucap Binilang saat bacakan sambutan Gubernur Olly.

"Dengan kata lain, pemerintah telah menegaskan bahwa Indonesia memfokuskan pembangunan kualitas SDM melalui pendidikan dan pelatihan Vokasi," lanjutnya.

Lebih lanjut Binilang mengatakan dalam roadmap pendidikan dan pelatihan Vokasi 2017-2025 terdapat 4 (empat) fokus kebijakan yaitu pertama dengan mendorong pemenuhan tenaga kerja untuk enam sektor prioritas, yakni
agribisnis, pariwisata, e-commerce, manufaktur, layanan kesehatan, dan ekspor tenaga kerja.

Kedua yaitu dengan mendorong pemenuhan tenaga kerja untuk program prioritas pemerintah seperti program infrastruktur yang terdiri dari proyek strategis nasional dan proyek nonstrategis nasional, program pemerataan, dan program pengembangan kawasan.

Fokus yang ketiga adalah dengan fokus pada Iembaga pendidikan dan pelatihan vokasi. seperti Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), menyiapkan pendidikan tenaga kerja level dua operator Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI).

Sedangkan fokus yang keempat adalah perbaikan fundamental pendidikan dan pelatihan vokasi yang terdiri dari perbaikan Iembaga pendidikan, peningkatan standar kompetensi, kualitas pemagangan, sarana dan prasarana serta pendanaan.

Menutup sambutan Gubernur, Binilang  mengajak semua pihak untuk terus bekerja membangun bangsa.

"Mari kita gelorakan semangat untuk terus bekerja dan memberikan karya bagi pembangunan bangsa," tutur Binilang.

"Mari terus kembangkan diri kita untuk menjadi SDM Indonesia yang unggul sehingga mampu membawa Negara ini menuju Indonesia Maju, serta membawa kita semua pada kesejahteraan yang setinggi-tingginya," tutupnya.

Turut hadir dalam upacara ini Brigjen Ricky Wakano Direktur Potensi Masyarakat Baharkam Mabes Polri yang bertepatan melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Talaud, Unsur Forkopimda  diantaranya kapolres kepulauan Talaud, AKBP Prasetya Sejati, Danlanal Melonguane Letkol (Mar) Augustinus Purba, Dandim 1312/Talaud Letkol (Arm) Gregorius Eka Setiawan yang diwakili oleh kasdim 1312/Talaud Mayor (Inf) Sigfried Panawa, Kajari Talaud diwakili oleh kasipidum Boby Selang,PJU Polres Kepulauan Talaud dan seluruh pimpinan OPD, tokoh agama dan masyarakat, PNS, dan para pelajar.
(FN)