DPRD dan Pemerintah Talaud Segera Bertemu Pihak Wings Air - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

DPRD dan Pemerintah Talaud Segera Bertemu Pihak Wings Air

Ketua  Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Kepulauan Talaud Sementara Jacob Mangole.

Sulut24 – Talaud, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) dan Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Talaud akan segera melakukan pertemuan dengan pihak Manajemen Wings Air untuk melakukan pembahasan terkait pemberhentian operasi penerbangan maskapai Wings Air rute Manado-Talaud.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) sementara Jacob Mangole. Ditemui usai rapat paripurna pembentukan fraksi DPRD Talaud di gedung sidang DPRD, Mangole mengatakan bahwa nantinya DPRD bersama dengan pemerintah Talaud akan bertemu dengan pihak Manajemen Wings Air untuk membahas kelanjutan penerbangan Wings Air di Talaud.

“Nanti kami bersama pihak Pemda Talaud akan menemui kementrian perhubungan dan pihak maskapai Wings Air,” ujar Mangole, Selasa (1/10/2019).

Mangole berharap pertemuan yang nantinya digelar bisa membuahkan hasil positif.

Senada dengan Pimpinan Dewan, anggota DPRD dari partai PDIP Gerson Essing yang juga ditemui pada saat yang sama mengatakan bahwa persoalan terkait terhentinya penerbangan Manado ke Talaud harus segera diselesaikan, bahkan Ia mengatakan, masalah tersebut harus segera dilaporkan kepada Presiden Joko Widodo.

“Mengingat dalam visi misi pemerintahannya, Presiden menitikberatkan pembangunan mulai dari pinggiran. Apalagi Kabupaten Talaud adalah daerah perbatasan yang merupakan beranda terdepan Negara Indonesia, bagian utara sekaligus sebagai benteng NKRI,” tutur Essing.


Plh Bupati Talaud Terima Surat Resmi Dari Wings Air

Plh Bupati Kabupaten Kepulauan Talaud Adolf Binilang

Pada rabu 2 Oktober 2019, Plh Bupati Kabupaten Kepualaun Talaud Adolf Binilang telah menerima surat pemberitahuan resmi dari pihak Wings Air terkait pemberhentian penerbangan maskapai tersebut dengan rute Manado-Talaud.

Menanggapi penghentian penerbangan oleh Wingas Air, Binilang mengatakan bahwa Pemerintah Daerah telah melayangkan surat kepada Kementrian Perhubungan dengan harapan ada solusi yang nantinya diberikan oleh pihak Kementrian terkait permasalahan tersebut.

Selain itu, Plh Bupati juga telah membangun komunikasi dengan Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara dengan harapan agar Pemerintah Provinsi dapat membantu untuk mecari solusi agar penerbangan Manado-Talaud tidak terhenti.

“Jika memang  terjadi penghentian penerbangan Wings Air, pemerntah daerah Kabupaten Talaud siap berdialog dengan semua pihak terkait, terutama pihak Wings Air. Dan kami berharap agar Wings Air tetap melayani penerbangan Manado-Talaud,” turut Binilang, Rabu (2/10/2019) di Kantor Bupati Talaud.

Binilang mengatakan bahwa saat ini pihak Pemerintah Provinsi telah memberikan respon positif atas komunikasi yang dibangun oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Talaud.

“Pemerintah Provinsi telah bersedia untuk memfasilitasi pertemuan degan pihak kementrian perhubungan bersama manajemen Wings Air, pertemuan tersebut nantinya akan berlangsung di Manado pada hari Senin 7 Oktober 2019,” ucap Binilang.

Lebih lanjut Binilang menambahkan, berhentinya penerbangan Manado-Talaud akan berdampak pada terhambatnya pertumbuhan ekonomi dan mengganggu percepatan pelayanan pemerintah kepada masyarakat, mengingat adanya perbedaan jarak tempuh yang signifikan antara Manado-Talaud dan sebaliknya jika menggunakan kapal laut dibanding pesawat terbang.

“Bukan hanya pemerintahan yang tergganggu, tapi juga masalah sosial lainya yaitu ekonomi, politik dan kemasyarakatan juga akan terkena dampak,” jelasnya.


Penulis : Koldius Maratade

Editor : Redaksi Sulut24