Mahasiswa IAIN Manado Galang Dana Bantu Korban Kebakaran Di Toli-Toli - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Mahasiswa IAIN Manado Galang Dana Bantu Korban Kebakaran Di Toli-Toli


Mahasiswa IAIN saat menggelar penggalangan dana untuk korban musibah kebakaran di Kabupaten Toli-Toli.

Sulut24.com - Manado, Puluhan Mahasiswa Kampus Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Manado gelar aksi penggalangan dana untuk membantu korban kebakaran di Kabupaten Toli-Toli Provinsi Sulawesi Tengah, Rabu (6/2/2020).

Menurut Ketua Dewan Mahasiswa Kampus IAIN Manado yang juga koordinator aksi Jihan Tumiwa, Penggalangan dana tersebu didasari hati nurani karena melihat dasyatnya musibah kebakaran di Kabupaten Toli-Toli yang menghanguskan 385 rumah dan mengharuskan 400 kepala keluarga untuk mengungsi.

"Yang mendasari kegiatan ini adalah hati nurani mahasiswa sendiri yang tergabung dalam organisasi kemahasiswaan dan juga mahasiswa. Walaupun tidak semua mahasiswa yang hadir, tapi hampir semua pengurus organisasi mahasiswa (Ormawa) itu hadir," tutur Tumiwa.


Tambahnya, ketika mendapatkan informasi melalui media terkait musibah kebakaran tersebut, para pengurus organisasi mahasiswa  langsung mengambil inisiatif untuk melakukan penggalangan dana.

"Ketika melihat berita, teman-teman pengurus ormawa itu langsung mengambil inisiatif, dan saat itu saya langsung menginstruksikan untuk mengadakan setingan aksi pada Selasa (4/2) dan kemudian aksi pada hari ini Rabu (5/2)," tandas Tumiwa.

Dia mengatakan penggalangan dana bantuan dilaksanakan di tiga titik yaitu Zero Point, Taman Kesatuan Bangsa (TKB) dan di area depan Manado Town Square (Mantos).

Tumiwa mengatakan total dana yang terkumpul pada aksi tersebut diperkirakan mencapai 9 juta rupiah dan untuk penyaluran dana bantuan sendiri direncanakan akan melalui transfer bank.

"Sampai saat ini perencanaan masih sebatas ditransfer, tapi kalau nantinya ada komunikasi lebih dengan yang disana, mungkin akan ada perwakilan salah satu pengurus untuk antar kesana," jelasnya.

Tumiwa pun berharap dana yang telah terkumpul bisa bermanfaat dan membantu untuk meringankan beban para korban musibah kebakaran.


"Harapan kami, dana yang kami kumpulkan bisa bermanfaat, apalagi kalau melihat dari berita-berita yang ada, mereka sangat kekurangan makanan, pakaian dan sangat butuh wc darurat jadi semoga bantuan ini bisa sedikit meringankan," ucap Ketua Dewan Mahasiswa Kampus IAIN Manado Jihan Tumiwa.
(Fn)