Jubir Covid-19 Talaud: Kami Telah Siapkan Tenaga Medis Untuk Tangani Covid-19 - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Jubir Covid-19 Talaud: Kami Telah Siapkan Tenaga Medis Untuk Tangani Covid-19


Kepala dinas kesehatan Kabupaten Kepulauan Talaud dan juga jubir Covid-19 untuk Kabupaten Kepulauan Talaud dr. Dolfi Monangin 

Sulut24.com - Talaud, Kepala dinas kesehatan Kabupaten Kepulauan Talaud dr. Dolfi Monangin mengatakan pihaknya telah melakukan persiapan guna menghadapi Virus Corona apabila nantinya terjadi kasus positif di Kabupaten Kepulauan Talaud.

Monangin mengakatan saat ini telah menyiapkan tenaga kesehatan untuk menangani kasus Covid-19.

Selain itu dinkes juga telah menunjuk tiga puskesmas yaitu puskesmas Beo, puskesmas Melonguane dan puskesmas Lirung untuk menjadi posko pencegahan dan observasi.

Tambahnya, dinkes juga telah menyiapkan ruang isolasi di RSUD Mala dalam upaya pengobatan dan bekerja sama dengan laboratorium pusat milik kementeian kesehatan RI di Jakarta.

Untuk itu Monangin menghibau kepada masyarakat Talaud agar tidak terlalu panik dengan adanya isu Virus Corona.

"Masyarakat tidak perluh panik atau takut. Hiduplah seperti biasa, lakukan aktifitas sambil melakukan anjuran pemerintah dalam upaya pencegahan. Dan jika ada yang sakit dan dicurigai telah terpapar covid-19 petugas kami telah siap, baik di tiga posko maupaun di RSUD mala," tutur Monangin selaku Jubir Covid-19 untuk Kabupaten Kepulauan Talaud, Rabu (18/3/2020) saat ditemui di ruang kerjanya.

Tambahnya saat ini pemerintah Talaud juga telah menyiapkan anggaran untuk penanganan Virus Corona (Covid-19).

Terkait pencegahan, Monangin menghibau masyarakat untuk melakukan pola hidup sehat dan terus menjaga kondisi tubuh agar tetap dalam kondisi yang sehat.

"Dengan kesehatan tubuh yang prima Corona tidak akan dapat menembusi pertahan tubuh kita, sebab tubuh kita dengan sendirinya akan membentuk anti body secara mankadiri. Dan jika terpapar, tingkat kesembuhanya mencapai 96% jadi tidak usah panik dan doakan kami agar bisa lakukan tugas ini dengan baik, dan semiga kita semua terhindar dari virus Corona atau Covid-19 ini," ucap Dokter yang bersahaja ini.

Diketahui Kabupaten Kepulauan Talaud merupakan daerah yang berbatasan langsung dengan negara Filipina dan sampai saat ini belum ditemukan adanya kasus Covid-19 di daerah kepulauan tersebut.
(Koldius)