Bawaslu Bolmut Awasi Pelantikan PPS - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Bawaslu Bolmut Awasi Pelantikan PPS

Anggota Bawaslu Bolmut Divisi Pengawasan dan Hubungan antar Lembaga Ben Henzer Enok
(Foto: Sulut24/Fdlan)
Sulut24.com - Bolaang Mongondow Utara, Bawaslu Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) melakukan pengawasan terhadap jalannya pelantikan anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) se-Kabupaten Bolmut yang dilaksanakan oleh KPU Bolmut Senin (15/6/2020) secara daring melalui aplikasi tatap muka Zoom Meeting.

Anggota Bawaslu Bolmut Divisi Pengawasan dan Hubungan antar Lembaga Ben Henzer Enok saat di konfirmasi oleh awak media sore ini di kantornya mengatakan
setelah sempat tertunda karena pandemi Covid-19, akhirnya Bawaslu Bolmut  kembali melanjutkan tahapan pilkada 2020 dengan langsung bekerja mengawasi pelantikan PPS yang dilaksanakan oleh KPU Bolmut.

"Pengawasan dilakukan untuk memastikan pelaksanaan pelantikan sesuai berdasarkan regulasi yang berlaku, salah satunya adalah dengan memperhatikan Protokol kesehatan," kata Benzar.

Dia juga menambahkan fokus pengawasan termasuk pada keterpenuhan syarat anggota PPS terkait Netralitas atau tidak berafiliasi dengan Partai Politik maupun Calon. Serta kepastian terhadap nama yang dilantik sesuai pengumuman calon yang terpilih. Menurutnya apabila jika ada perubahan maka Bawaslu Bolmut akan melakukan penelitian lebih lanjut mengenai sebab atas perubahan tersebut.

"Dalam pengawasan pelantikan PPS, kami  juga melibatkan Panwascam di 6 kecamatan yang ada di Bolaang Mongondow Utara," tutur Benzar.

Sementara itu di tempat terpisah, KPU Bolmut melalui Kadiv Hukum dan Pengawasan, menyampaikan bahwa teknis pelaksanaan pelantikan sudah mengacu pada protokol kesehatan Covid-19.

"Pelantikan ini tetap sah walaupun dilaksanakan secara online. Karena sudah mengacu pada protokol kesehatan dan keabsahannya juga sudah termuat pada surat keputusan pelantikan anggota PPS KPU Bolaang Mongondow Utara sesuai dengan PKPU Nomor 5 Tahun 2020," tegas Ismail.

Diketahui pada kegiatan pelantikan tersebut, KPU Bolmut melantik 321 anggota PPS dari 106 desa dan 1 kelurahan.
(Fadlan)