Resmikan PLUT, Onibala Berharap UMKM Minsel Makin Berkembang - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Resmikan PLUT, Onibala Berharap UMKM Minsel Makin Berkembang

Pjs Bupati Minsel Drs. Meiki M. Onibala, MSi bersama pejabat pemkab Minsel dan pelaku UMKM (Foto: Sulut24/Simon)

Sulut24.com - Minsel, Setelah menanti cukup lama, gedung Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (KUMKM) Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) akhirnya resmi beroperasi.

Ini menyusul diresmikannya fasilitas tersebut oleh Penjabat sementara (Pjs) Bupati Minsel Drs. Meiki M. Onibala, MSi, pada Kamis (5/11/2020). 

Pada kesempatan itu, turut hadir Kepala Dinas Koperasi & UMKM Kabupaten Minsel, Dr. M. J. Maindoka MSi, perwakilan dari Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Sulut dan para pelaku UMKM se-Kabupaten Minsel.

Turut hadir pula Direktur Utama (Dirut) Perusahaan Daerah Cita Waya Esa (PD CWE), Harvani Boki SKM, MKes dan Dirut PDAM Frangky Mamengko, SE.

Peresmian ditandai dengan pembukaan selubung papan nama, penandatanganan prasasti dan pengguntingan pita pintu utama gedung yang dilakukan langsung oleh Onibala.

Dalam laporannya, Kadis Koperasi & UMKM Kabupaten Minsel, Dr. M.J. Maindoka, MSi mengungkapkan, anggaran pembangunan gedung PLUT ini bersumber dari pemerintah pusat lewat APBN 2018 sebesar Rp2,3 milyar.

''Untuk menopang pembangunannya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minsel juga menyisihkan dana sharing senilai Rp470jt dari APBD. Tapi gedung ini baru mulai dibangun pada tahun 2019 lalu,'' ungkap Maindoka.

Sementara itu, Onibala dalam sambutannya mengharapkan, gedung PLUT ini dapat dimanfaatkan secara maksimal dan dikelola dengan baik.

Inspektur Provinsi Sulut ini juga berharap, gedung PLUT ini dapat digunakan sebagai tempat pertemuan guna menyerap ide, gagasan serta aspirasi dari para pelaku UMKM di Minsel. 

''Gedung ini bisa pula difungsikan sebagai sarana promosi berbagai produk UMKM yang inovatif dan punya nilai jual yang tinggi. Dengan adanya fasilitas yang representatif ini, diharapkan sektor UMKM di Minsel dapat berkembang,'' tutur Onibala.

Usai meresmikan PLUT, Onibala dan rombongan bertolak menuju Desa Pakuure Tinanian, Kecamatan Tenga. Di desa ini, Onibala menghadiri ibadah pemakaman dari seorang tokoh masyarakat yang juga mantan Hukum Tua Desa Pakuure selama 17 tahun, almarhum Robert Godlife Mukuan.

Kedatangan Onibala disambut dua pejabat penting di lingkungan Pemprov Sulut dan Pemkab Minahasa Tenggara (Mitra) yang merupakan keluarga dekat almarhum, masing-masing Staf Ahli Gubernur Sulut, Drs. Ferry Jones Sangian, MAP dan Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Mitra, Ir. Elly Semuel Sangian, ME.

Pjs Bupati Minsel Drs. Meiki M. Onibala, MSi saat memberikan sambutan disela-sela ibadah pemakaman Almarhum Robert Godlife Mukuan (Foto: Sulut24/Simon)

Turut hadir pula, mantan Penjabat Bupati Minsel, Drs. H. D. Waworuntu. Usai memberikan sambutan, Onibala melanjutkan perjalanan menuju Desa Rumoong Atas Dua, Kecamatan Tareran. 

Di desa ini, mantan Sekretaris Daerah (Sekda) Mitra ini mengikuti ibadah pemakaman tokoh masyarakat setempat, almarhum Habel Tumiwa (Keluarga Tumiwa-Tampi).

Almarhum merupakan ayah kandung dari Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BPSDMD) Provinsi  Sulut, Drs. Marhaen Roy Tumiwa, MPd. (Adv/Bryan/Simon)

Pesan Sekarang