Belum Penuhi Kriteria, Suntikan Vaksin Covid-19 Ke OD Ditunda - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Widget HTML Atas

 

Advertisement



Belum Penuhi Kriteria, Suntikan Vaksin Covid-19 Ke OD Ditunda

Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey saat melakukan wawancara dengan awak media (Foto: Sulut24/Fn)

Sulut24.com - Manado, Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara telah resmi memulai penyuntikan Vaksin Sinovac. 

Pada Jumat (15/1/2020), Pemerintah Sulawesi Utara menggelar kegiatan pencanangan dan penyuntikan Vaksin Covid-19 yang dihadiri oleh Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, Wakil Gubernur Steven Kandouw serta Forkopimda Sulawesi Utara. 

Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Santos G. Matondang menjadi orang pertama yang dinyatakan siap dan kemudian menerima suntikan vaksin Covid-19. 

Sedangkan Gubernur Olly Dondokambey dinyatakan belum bisa menerima suntikan vaksin dikarenakan kondisi kesehatan yang belum stabil dan ada pemeriksaan laboratorium yang hasilnya belum keluar.

Selain Gubernur Danlantamal, Wakapolda serta Sekrpov juga belum bisa menerima suntikan vaksin dikarenakan kondisi kesehatan yang juga belum stabil.

"Jadi ada pak Danlantamal, pak Wakapolda ada Bapak Sekrpov, kita disuruh perbaiki lagi supaya manfaat dari vaksin itu betul-betul terasa," kata Gubernur. 

Gubernur menambahkan bahwa screening bagi para calon penerima vaksin harus dilakukan guna memastikan kriteria penerima vaksin telah terpenuhi sesuai standar departemen kesehatan.

Selain itu, screening juga perlu dilakukan guna mengantisipasi efek samping pasca vaksinasi jika vaksin disuntikan kepada penerima yang tidak memenuhi kriteria. 

"Kalau ada satu kriteria yang tidak terpenuhi, vaksin ditunda," jelas Gubernur. 

Gubernur juga menuturkan bahwa jika dalam sepekan Ia bersama Danlantamal,  Wakapolda serta Sekrpov sudah menehuhi kriteria, maka penyuntikan vaksin akan segera dilakukan. 

Gubernur menambahkan bahwa vaksinasi di wilayah Sulawesi Utara sudah dimulai dan berlangsung setiap hari. 

Sementara itu Juru Bicara Satgas Covid-19 Sulawesi Utara dr. Steaven Dandel menuturkan bahwa vaksinasi kepada Gubernur bersama pejabat lainnya akan dijadwalkan kembali. 

"Kita akan jadwalkan kembali, namun yang paling utama adalah upaya untuk menurunkan tekanan darahnya," jelas dr. Dandel. 

Dia mengatakan hal yang penting dalam screening calon penerima vaksin diantaranya tekanan darah, gula darah serta penyakit penyerta lainnya.  

"Yang pertama tekanan darah terkontrol, gula darah terkontrol dan ada penyakit-penyakit penyerta seperti gagal ginjal, kelainan darah, kanker itu tidak bisa," tambah Jubir Satgas Covid-19 Sulut. 

Lebih lanjut Ia menegaskan bahwa warga yang telah menerima suntikan vaksin Covid-19 tetap harus mamatuhi aturan pemerintah terkait pembatasan kegiatan guna meminimalisir penyebaran Covid-19. 

"Kalau ada pemberlakuan pembatasan aktivitas masyarakat, walaupun sudah divaksinasi tetap harus ikut aturan," tandas Dandel. (Fn)


Advertisement





 

Advertisement