Cari 16 Pasang, Dikpora Minsel Seleksi Calon Paskibraka - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Cari 16 Pasang, Dikpora Minsel Seleksi Calon Paskibraka

Penyematan tanda peserta oleh Kepala Dikpora Minsel, DR. Fietber S. Raco, S.Pd, M.Si (foto: Ist)


Sulut24.com, MINSEL – Dinas Pendidikan serta Kepemudaan dan Olahraga (Dikpora) Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) menggelar seleksi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) tahun 2021, sejak Senin (8/3/2021) hingga Rabu (10/3/2021). 

Proses seleksi ditandai dengan penyematan tanda peserta oleh Kepala Dikpora Minsel, DR. Fietber S. Raco, S.Pd, M.Si, di Aula Waleta Kantor Bupati Minsel, Senin (8/3/2021) lalu.

Seleksi Paskibraka tahun ini sangat ketat dan dimulai dari tingkat sekolah (SMA & SMK).

Peserta adalah siswa kelas 10 dan pada tanggal 17 Agustus 2021 nanti sudah duduk di kelas 11. 

Tiap-tiap sekolah lalu mengutus satu hingga lima pasang untuk ikut seleksi tingkat kabupaten. 

Peserta seleksi calon Paskibraka sedang mengikuti tes ketahanan fisik. (foto: sulut24.com/simon)


Tahapan seleksi tingkat kabupaten berlangsung selama tiga hari, di Kantor Bupati Minsel, dan dibagi dalam tiga rayon. 

"Selama tiga hari, peserta digodok oleh instruktur gabungan dari Polres Minsel, TNI AD, dan Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Kabupaten Minsel dan PPI Provinsi Sulawesi Utara (Sulut)," ungkap Kepala Bidang (Kabid) Pemuda dan Olahraga Dikpora Minsel, Donny Terok, S.Pd kepada wartawan.

Rayon 1 meliputi peserta dari Kecamatan Amurang, Amurang Timur, Tumpaan, Tareran, Suluun Tareran, dan Tatapaan. Seleksi dilakukan pada Senin (8/3/2021) lalu.

Rayon 2 yakni peserta dari Kecamatan Tenga, Sinonsayang, Amurang Barat, dan Kumelembuai. Seleksi dilakukan pada Selasa (9/3/2021).

Peserta seleksi calon Paskibraka berasal dari kalangan siswa SMA dan SMK. (foto: sulut24.com/Simon)


Rayon 3 peserta dari Kecamatan Motoling Raya, Ranoyapo, Maesaan, Tompaso Baru, dan Modoinding. Proses seleksinya dilakukan pada Rabu (10/3/2021).

"Kami akan mencari 16 pasang. 15 pasang untuk tingkat Kabupaten Minsel, dan satu pasang akan diutus ke provinsi untuk ikut seleksi Paskibraka tingkat nasional," tambah Kepala Seksi (Kasie) Olahraga dan Ekstra Kurikuler, Lucky Lumenta dan Kasie Kepemudaan/Pramuka, Johnson Sondakh. (Simon)