Senator SBANL Buka Kegiatan Pelatihan Kementerian Kelautan dan Perikanan di Sulut - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Senator SBANL Buka Kegiatan Pelatihan Kementerian Kelautan dan Perikanan di Sulut

Anggota Komite II DPD RI Ir. Stefanus BAN Liow, MAP membuka kegiatan pelatihan di Sulut via Zoom Meeting. (foto: Ist)

Sulut24.com, MINSEL - Anggota Komite II DPD RI Ir. Stefanus BAN Liow, MAP secara resmi membuka kegiatan pelatihan Kementerian Kelautan dan Perikanan RI di Sulawesi Utara (Sulut), pada hari Kamis (29/4/2021).

Dua pelatihan yang dilaksanakan dalam waktu bersamaan tetapi jenis dan tempatnya berbeda, yakni Pelatihan Penanganan Ikan Hasil Tangkap di Kabupaten Minahasa, dan Pelatihan Pembesaran Ikan Lele dengan Sistem Bioflok di Kabupaten Minahasa Utara (Minut).

Pelatihan ini difasilitasi Badan Riset dan SDM Kelautan dan Perikanan Kementerian Kelautan dan Perikanan RI, dalam hal ini Pusat Pelatihan dan Penyuluhan Kelautan dan Perikanan melalui Balai Pelatihan dan Penyuluhan Perikanan (BPPP) Bitung.

Dalam sambutannya lewat Zoom Meeting, Senator SBANL mengatakan, program/kegiatan ini adalah bagian perwujudan sinergitas Komite II DPD RI dengan salah satu mitra kerjanya yaitu Kementerian Kelautan dan Perikanan RI. 

Anggota DPD RI/MPR RI dari Daerah Pemilihan (Dapil) Provinsi Sulut ini berharap, pelatihan ini dapat meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan karakter para nelayan serta meningkatkan nilai tambah keluarga dan kesejahteraan masyarakat, apalagi di tengah pergumulan pandemi Covid-19. 

Senator SBANL memberikan apresiasi kepada Kementerian Kelautan dan Perikanan RI atas perhatian dan kepedulian terhadap masyarakat di daerah Sulut, diantaranya melalui kegiatan pelatihan. 

"Saya berharap, berbagai program dan kebijakan strategis seperti ini akan terus hadir dan berlanjut untuk kesejahteraan rakyat dan daerah Sulawesi Utara," pinta senator asal Amurang, Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) yang akrab disapa Stefa ini.

Apalagi Gubernur Sulut Olly Dondokambey, SE dan Wakil Gubernur Sulut Drs. Steven O.E Kandouw bersama jajarannya terus berupaya melakukan lompatan-lompatan perjuangan untuk Sulut semakin hebat, didalamnya di sektor kelautan dan perikanan. 

Sebelumnya, sambutan disampaikan oleh Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sulut Dr. Ir. Tineke Adam, M.Si dan Kepala Pusat Pelatihan dan Penyuluhan Kelautan dan Perikanan Kementerian Kelautan dan Perikanan RI, Dr. Lilly Aprilya Pregiwati, S.Pi, M.Si. 

Kepala Pusat Pelatihan dan Penyuluhan Kelautan dan Perikanan RI Dr. Lilly Aprilya Pregiwati memberikan apresiasi dan terima kasih kepada SBANL sebagai wakil daerah Sulut atas kehadirannya. 

"Apresiasi dan terima kasih kepada senator SBANL sebagai wakil daerah Sulut sekaligus mewakili kelembagaan negara DPD RI mewujudkan sinergitas dalam upaya peningkatan SDM unggul, peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat di bidang kelautan dan perikanan," kata Pregiwati.

Sementara itu, Kepala Balai Pelatihan dan Penyuluh Perikanan (BPPP) Bitung Ahmat Ridloudin, ST, MP dalam laporannya mengungkapkan, pelatihan dilaksanakan selama dua hari mulai 29 hingga 30 April 2021.

Pelatihan penanganan ikan hasil tangkapan dilaksanakan di Kabupaten Minahasa, sedangkan pelatihan pembesaran ikan lele dengan sistem bioflok di Kabupaten Minut. 

"Masing-masing pelatihan diikuti 30 orang masyarakat pelaku utama kelautan dan perikanan, dalam hal ini nelayan dan pembudidaya ikan. Peserta pelatihan dibekali oleh instruktur dari BPPP Bitung bersama para penyuluh perikanan," jelas Ridloudin. (Simon)