Julius Sebut Pameran DSBG Tiangkatkan Kualitas Polimdo - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Julius Sebut Pameran DSBG Tiangkatkan Kualitas Polimdo

Mahasiswa peserta pameran DSBG (Foto: Ist)

Sulut24.com, MANADO - Politeknik Negeri Manado (Polimdo) kembali menggelar pameran  'desain struktur bangunan gedung' (DSBG) terbuka secara umum, bertempat Lobby Utama Gedung Kuliah Terpadu Polimdo, Rabu 5 Mei sampai Kamis 6 Mei 2021 Pukul 08:09 -16:00 Wita.

Pameran  DSBG  sudah menjadi program tahunan dari perguruan tinggi Polimdo yang digelar oleh Jurusan Teknik Sipil khususnya mahasiswa semester 8, Diploma - 4, Prodi kontruksi bangunan gedung (KBG) dengan dosen pembimbing: Dian Puspita Sari, ST.M.Arc, Cynta Tendean,ST.MT, Olivia Moningka,ST, M.Arc dan Ir. Julius E. Tenda MT.

"Pameran DSBG ini sangat didukung oleh Direktur Polimdo, Dra. Mareyke Alelo, MBA. Dimana, pelaksanaan pemeran ini sebagai pendukung tercapainya tujuan pembelajaran yang mengarah pada penguasaan kompetensi dari calon lulusan sarjana terapan yang memiliki kemampuan untuk menjawab permasalahan struktur secara komprehensif," ungkap Julius.

Ada banyak pengetahuan serta manfaat  yang akan didapatkan oleh peserta pameran DSBG ini. "Pengetahuan yang akan mereka dapatkan yaitu mengetahui masalah kekuatan struktur bangunan, konsep desain hingga jumlah anggaran yang diperlukan," tuturnya.

Bangunan pada pameran DSBG berbentuk persegi, bujur sangkar dan  L,T,U,H. Adapun  bangunan 7 hingga 10 tingkat ditampilkan seperti Hotel, Rumah Sakit, Kantor, Mall, Sekolah, Apartemen dan Rumah Susun. 

"Pameran didalamnya juga ada unsur kompetisi dimana setiap kelompok harus serius melayani para pengunjung dalam proses tanya jawab, dikarenakan setiap pengunjung akan memberi penilaian terhadap kualitas buku dan maket yang dibuat oleh 85 mahasiswa ini, yang terbagi menjadi 20 kelompok," ucapnya.

"Untuk itu, Kami sebagai dosen pembimbing mengajak orang tua dari peserta pameran DSBG ini untuk datang melihat karya dari anak-anak mereka serta bisa menilainya. begitupun dengan Alumni Polimdo untuk bisa  hadir agar  bisa bertukar ilmu serta memberikan masukan kepada peserta yang ada, mari sama-sama saling membangun dan meningkatkan kualitas Polimdo yang lebih baik kedepannya. Adapun pengunjung yang sangat diharapkan dapat mengambil bagian di Pameran DSBG ini terdiri dari Pimpinan Polimdo, Pimpinan Jurusan, Dosen, Mahasiswa dan Pegawai," jelasnya.

Julius pun berharap, dimasa yang akan datang kegiatan seperti ini sebaiknya digelar secara terpadu diikuti oleh semua jurusan yang ada di Perguruan Tinggi Polimdo sebagai agenda institusi dengan menampilkan ciri khasnya dari setiap jurusan atau Prodi yang ada.

Sedangkan salah satu peserta pameran DSBG, Isabella Tengkue saat diwawancarai mengatakan, banyak hal yang didapatkan pada pembelajaran ini. 

"Pada pameran ini kami mendapatkan banyak pengetahuan baik pembuatan maket hingga buku dengan adanya perencanaan penyusunan kekuatan struktur bangunan, konsep desain hingga penganggaran yang betul-betul baik," katanya.

Lanjut dia, pembuatan maket hingga buku tersebut memakan waktu satu hingga dua bulan serta menghabiskan anggaran 200 ribu perorang, dimana setiap 1 kelompok ada 4 orang. 

"jadi ke 4 orang tersebut patungan untuk membuat maket dan buku, dan itu kami kerjakan sambil dibimbing oleh dosen-dosen terbaik," pungkasnya. (Fn)