Tingkatkan Capacity Building, MJB Region Sulut Gelar Pelatihan Jurnalistik - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Tingkatkan Capacity Building, MJB Region Sulut Gelar Pelatihan Jurnalistik

Komunitas Marijo Belajar saat mengikuti pelatihan jurnalistik (Foto: Ist)

Sulut24.com, MANADO - Komunitas Marijo Belajar (MJB) Region Sulawesi Utara (Sulut) tingkatkan Capasity Building dengan mengelar Pelatihan jurnalistik tingkat dasar, di PUAN Coffee and Food, Boulevard Sindulang, Kota Manado, Sabtu (26/6/2021).

Pada peningkatan Capasity Building ini, MJB Region Sulut mengundang Yosep E. Ikanubun Jurnalis Liputan6.com, dan ahli pers Sulut dari Dewan Pers sebagai narasumber dalam pelatihan Jurnalistik.

Pada materinya, Ikanubun mengatakan, jurnalis harus mencari berita untuk kepentingan publik. Selain itu, pada kesempatan tersebut Ikanubun menyampaikan berbagai hal terkait dunia jurnalistik diantaranya ciri-ciri berita yaitu faktual dan aktual, unik dan menarik, berpengaruh bagi masyarakat luas, objektif, waktu dan tempat kronologis kejadian, bahasa buku, sederhana dan komunikatif.

Selain itu, ketua Aliansi jurnalistik independen (AJI) Manado periode 2013-2018 ini menjelaskan bahwa ada  unsur-unsur dalam menulis berita yaitu 5 W + 1 H. 

"Untuk menulis berita ada unsur-unsurnya yaitu 5 W + 1 H, what (apa), who (siapa), where (dimana), when (kapan), why (mengapa), dan how (bagimana). Sekali lagi, Itu unsur-unsur ketika kita mau menyusun berita," jelasnya.

Merespon pelatihan Jurnaistik tersebut, Ketua MJB Region Sulut, Jessica V. Tarima mengatakan bahwa program Capacity Building tersebut termasuk dalam program offline MJB Region Sulut yang dikhususkan untuk memberi pelatihan pengembangan diri bagi anggota Marijo Belajar.

"Dengan diadakannya Capacity Building, diharapkan seluruh anggota MJB Region Sulut bisa merasakan dampak menjadi bagian dari Komunitas Belajar dan bisa mendapatkan pelatihan pengembangan diri bagi pribadi dan komunitas," kata Tarima, Minggu (27/6/2021).

Tarima berharap, kegiatan yang juga bertujuan untuk memantapkan pengetahuan dan pemahaman, serta untuk menggali Sumber Daya Manusia (SDM) dalam anggota MJB Region Sulut itu dapat dilaksanakan kembali. 

"Semoga kedepan program internal ini bisa diadakan kembali dengan pelatihan pengembangan yang lebih menarik lagi dan tentunya bisa mengundang banyak anak muda Sulut untuk tergabung di komunitas ini agar mendapat banyak pengalaman dan pelatihan pengembangan diri," tandasnya. (Fn)