Tingkatkan Kapasitas Kader, TP-PKK Sulut Gelar Pelatihan di Minsel - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Widget HTML Atas

Tingkatkan Kapasitas Kader, TP-PKK Sulut Gelar Pelatihan di Minsel

 TP-PKK Provinsi Sulut menggelar kegiatan Peningkatan Kapasitas Kader PKK, di Minsel. (foto: Sulut24/Simon)

Sulut24.com, MINSEL - Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) bekerja sama dengan TP-PKK Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) menggelar kegiatan pelatihan bertajuk Peningkatan Kapasitas Kader PKK, di gedung Waleta Kantor Bupati Minsel, Selasa (14/09/2021).

Kegiatan ini selaras dengan salah satu Misi Bupati Minsel Franky Donny Wongkar, SH dan Wakil Bupati Pdt. Petra Yani Rembang, M.Th, yakni terciptanya Sumber Daya Manusia (SDM) yang Sehat, Berbudaya, dan Berdaya Saing.

Melalui kegiatan ini, TP-PKK Provinsi Sulut dan TP-PKK Kabupaten Minsel mempersiapkan kader-kader PKK sebagai penggerak dalam upaya peningkatan kesejahteraan keluarga.  

Diharapkan pula, peserta mampu mengembangkan materi yang telah diterima dan dapat meningkatkan motivasi kader dan organisasi PKK di tingkat desa dan kelurahan.

Kegiatan ini menghadirkan sejumlah narasumber dari unsur pengurus TP-PKK Provinsi Sulut.

Diantaranya, Ketua Pokja I Ny. Dr. Preisi Sibi, S.Pi, S.Pd, SE, M.Si, Pokja II Ny. Dra. Marieta Lonan-Kuntak, MM, Pokja III Ny. Ir. Siltje Worang-Raintung, Ketua Pokja IV Ny. dr. Inggrid Walukow-Giroth, M.Kes, dan Sekretariat Ny. dr. Netty Rondonuwu-Sibi.

Sementara narasumber dari lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minsel, yakni Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD), Hendri CH. Lumapouw, SH, M.Si. 

Dalam pemaparannya, Ketua Pokja I TP-PKK Provinsi Sulut Ny. Dr. Preisi Sibi, S.Pi, S.Pd, SE, M.Si mengatakan, sebagai kader PKK, dalam dirinya sudah melekat beragam tugas dan fungsinya di tengah-tengah masyarakat.  

Karena itu, dia meminta para kader PKK berperan aktif sebagai penggerak masyarakat, pencatat, penyuluh masyarakat serta memberikan bimbingan dan motivasi kepada masyarakat yang paling bawah.

"Pasalnya, kader PKK mengetahui persis kondisi warga di lingkungannya. Karena itu, peran aktif para kader PKK di lingkungan masing-masing, sangat dibutuhkan," tandasnya.

Hal senada dikemukakan Ketua Pokja IV TP-PKK Provinsi Sulut Ny. dr. Inggrid Walukow-Giroth, M.Kes.

Pengurus dan kader PKK Minsel tampak serius menyimak materi. (foto: Sulut24/Simon)

Dikatakannya, kader PKK harus mampu menggerakkan warga di lingkungannya agar mau meningkatkan kemampuan dan potensi yang ada pada dirinya.

"Kader PKK harus mengetahui pula potensi lingkungannya, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan keluarganya," tegasnya.

Sementara itu, Ketua TP-PKK Kabupaten Minsel, Ny. Elsje Rosje Wongkar-Sumual didampingi Sekretaris Ny. Juli Rembang-Wati menyampaikan salut dan terima kasih kepada TP-PKK Provinsi Sulut yang telah mempercayakan TP-PKK Kabupaten Minsel sebagai tuan rumah pelaksana kegiatan tersebut. 

"Pada kesempatan yang berharga ini, saya juga menyampaikan terima kasih kepada para narasumber yang telah membekali para kader PKK Minsel," kata Bunda PAUD Minsel ini.

Istri tercinta dari Bupati Minsel Franky Donny Wongkar, SH ini berharap, dengan adanya pembinaan peningkatan kapasitas dan keterampilan kader PKK ini, peserta semakin bertambah wawasan dan pengetahuannya, serta dapat terus berkarya dan berinovasi, meski menghadapi masa pandemi Covid-19 yang hingga kini belum berakhir.

Terpantau, meski sempat terjadi pemadaman aliran listrik di gedung Waleta menjelang sore hari, yang mengakibatkan sound system sempat tidak berfungsi, namun baik pemateri maupun peserta tetap antusias mengikuti kegiatan ini hingga akhir. (Simon)