Wabup PYR Terima Kunjungan Tim ADPP Vaksin Covid-19 - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Widget HTML Atas

Wabup PYR Terima Kunjungan Tim ADPP Vaksin Covid-19

Wabup Minsel Pdt. Petra Yani Rembang, M.Th (PYR) bersama Tim Audit ADPP Vaksin Covid-19. (foto: Ist)

Sulut24.com, MINSEL - Wakil Bupati (Wabup) Minahasa Selatan (Minsel) Pdt. Petra Yani Rembang, M.Th (PYR) menerima kunjungan tim audit Akuntabilitas Distribusi dan Pengelolaan Persediaan (ADPP) Vaksin Covid-19, Kamis (16/09/2021). 

Tim audit ADPP terdiri dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) berkolaborasi dengan Aparat Pengawas Intern Pemerintah (APIP) Daerah, yakni Inspektorat Provinsi Sulut dan Inspektorat Kabupaten Minsel. 

Diperoleh informasi, kedatangan tim audit bertujuan memberikan keyakinan yang memadai atas akuntabilitas distribusi dan pengelolaan persediaan Vaksin Covid-19 di daerah ini, dengan ruang lingkup distribusi dan pengelolaan stok vaksin program daerah. 

Melalui kolaborasi antara BPKP dan APIP di daerah ini, diharapkan bermuara pada hasil kualitas laporan yang memenuhi standar yang ditetapkan, deadline laporan bisa terpenuhi secara tepat waktu, serta terwujudnya pengelolaan vaksin yang akuntabel dan transparan. 

Pada pertemuan itu, Ketua Tim BPKP Provinsi Sulut Hansrun G. Sirumapea memaparkan, BPKP mendapat amanah dari Presiden untuk mengawal pelaksanaan distribusi dan pengelolaan persediaan vaksin COVID-19 di Indonesia. 

"Agar proses distribusi dan pengelolaan persediaan vaksin COVID-19 berjalan dengan baik dan sesuai aturan, perlu dilakukan pengawasan yang memadai oleh APIP Kementerian/Lembaga/Daerah yang dikoordinir oleh BPKP," terang Sirumapea.

Ditambahkannya, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menggandeng BPKP dan berbagai pihak untuk melakukan audit secara berkala guna mengawasi rantai distribusi dan pengelolaan stok Vaksin Covid-19.

"Hal ini dilakukan untuk memastikan tidak terjadi penyimpangan pada ketepatan sasaran, jumlah, waktu, kualitas, dan jenis vaksin yang didistribusikan," tambah Sirumapea.

Menanggapi hal tersebut, Wabup PYR menegaskan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minsel siap membantu tim audit dengan  memberikan data dan informasi yang akurat, transparan dan akuntabel, terkait distribusi dan pengelolaan persediaan Vaksin Covid-19 di Kabupaten Minsel.

"Ini untuk memberikan keyakinan yang memadai atas akuntabilitas distribusi dan pengelolaan persediaan Vaksin Covid-19 di daerah ini," tegas lelaki asal Pakuweru, Kecamatan Tenga ini.

Turut hadir pada kesempatan itu, Ketua Tim BPKP Provinsi Sulut Hansrun G. Sirumapea, dan unsur Inspektorat Provinsi Sulut yang diwakili Drs. Engel B. Tampi selaku pengendali teknis.

Hadir pula Ketua Tim Audit Maikel Sumampouw, ST beserta anggota, dan Kepala Inspektorat Kabupaten Minsel Hendra Pandeynuwu, SE. (Simon