DPC APDESI Minsel Ikut Rakernas APDESI di MPR/DPR-RI - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Widget HTML Atas

DPC APDESI Minsel Ikut Rakernas APDESI di MPR/DPR-RI

 Suasana Rakernas DPP APDESI. (foto: Ist)

Sulut24.com, MINSEL - Dewan Pengurus Pusat (DPP) Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) menggelar pelantikan dan pengukuhan pengurus baru periode 2021-2026. 

Hajatan yang dirangkaikan dengan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) APDESI tersebut, digelar di Gedung Nusantara IV MPR RI/DPR RI, Jakarta Pusat, pada 26-28 November 2021.

Pelantikan dan pengukuhan pengurus DPP APDESI Periode 2021-2026 merupakan tindak lanjut dari Musyawarah Nasional (Munas) IV yang telah berlangsung di Jakarta pada 17-18 September 2021 lalu.

Pada Munas IV tersebut, terpilih sebagai Ketua Umum DPP APDESI Periode 2021-2026 adalah Drs. H. Surta Wijaya, M.Si. Sementara posisi Sekretaris Jenderal (Sekjen) dijabat oleh Asep Anwar Sadat, S.H.

Pelantikan dan pengukuhan pengurus DPP APDESI Periode 2021-2026 dilakukan oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Prof. Drs. H. Muhammad Tito Karnavian, MA, Ph.D.

Usai pelantikan dan pengukuhan pengurus baru, dilanjutkan dengan agenda selanjutnya yakni Rakernas DPP APDESI. 

Pada kesempatan itu, peserta Rakernas membahas sekaligus membuat program-program dalam membangun pemerintahan desa di era kenormalan baru pascapandemi Covid-19.

Rakernas dijadikan pula sebagai wahana rekonsiliasi dan konsolidasi anggota untuk kemajuan organisasi dan pengembangan desa yang semakin mandiri. 

Selain itu, Rakernas juga membahas persoalan-persoalan pokok yang terjadi di desa, baik dari aspek pemerintahan desa maupun warga desanya, yang disesuaikan dengan regulasi yang terdapat di dua kementerian yakni Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan Kementerian Desa (Kemendes PDTT).

Peserta Rakernas terdiri dari 600 pemerintahan desa, yang berasal dari 33 provinsi di seluruh Indonesia. 

Karena masih dalam masa pandemi Covid-19, kegiatan ini diselenggarakan secara hybrid, yakni secara daring dan luring.

Usai menghadiri pelantikan dan pengukuhan pengurus baru yang dilanjutkan dengan agenda Rakernas, segenap pengurus DPD dan DPC APDESI se-Indonesia, juga mengikuti kegiatan Workshop Kepala Desa. 

"Saya bersama sejumlah hukum tua definitif yang merupakan pengurus DPC APDESI Minsel, turut terundang mengikuti seluruh kegiatan tersebut,” ungkap Ketua Dewan Pengurus Cabang (DPC) APDESI Kabupaten Minsel, Frangky Pondaag, ST kepada wartawan.

Frangky Pondaag, ST saat didaulat memimpin DPC APDESI Minsel. (foto: Ist)

Diperoleh informasi, turut hadir sekaligus memberikan sambutan pada hajatan itu, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, Keynote Speaker Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, dan Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan.

Di penghujung acara, dilaksanakan pula penandatanganan Kerjasama (MoU) antara DPP APDESI dengan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP),  terkait pelaksanaan Diklat Ideologi Pancasila bagi para kepala desa dan perangkat desa, dalam rangka Program Pembumian Pancasila di seluruh desa di Indonesia. (Simon)