FDW-PYR Hadiri Peletakan Batu Pertama Pembangunan Stasiun InaCORS - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Widget HTML Atas

FDW-PYR Hadiri Peletakan Batu Pertama Pembangunan Stasiun InaCORS

 Peletakan batu pertama pembangunan Stasiun InaCORS oleh Bupati Minsel. (foto: Ist)

Sulut24.com, MINSEL - Bupati Minahasa Selatan (Minsel) Franky Donny Wongkar, SH (FDW) didampingi Wakil Bupati (Wabup) Pdt. Petra Yani Rembang, M.Th (PYR), dan Kepala Bapelitbang Tertius Ulaan, ST, MT, menghadiri kegiatan Peletakan Batu Pertama Pembangunan Pilar serta Instalasi Perangkat dan Stasiun InaCORS.

Kegiatan digelar di halaman Kantor Bupati, Kelurahan Pondang, Kecamatan Amurang Timur, Kamis (09/12/2021).

Sebelum Bupati FDW melakukan peletakan batu pertama, kegiatan diawali dengan doa yang dipimpin oleh Pendeta Fungsional Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minsel, Pdt. Dr. Djemy Sinubu.

Stasiun InaCORS bermanfaat sebagai referensi untuk berbagai macam aplikasi menentukan posisi dari kegiatan survei dan pemetaan.

Penentuan posisi menggunakan prinsip diferensi GPS, seperti pemetaan topografi, survei kelautan, fotogrametri, eksplorasi migas, survei kadaster, dan survei konstruksi akan menjadi lebih mudah dengan adanya jaringan InaCORS. 

Data InaCORS dimanfaatkan untuk berbagai kepentingan nasional seperti menentukan batas wilayah (desa/kelurahan, kecamatan, kabupaten/kota, provinsi, batas negara), pendaftaran tanah sistematis lengkap (PTSL) guna mendukung reforma agraria, dan membantu mitigasi multi bencana nasional (mendeteksi bumi), tsunami, pergerakan tanah, dan ledakan gunung api.

Diperoleh informasi, lokasi penempatan InaCORS guna mendukung Sistem Referensi Geospasial Nasional ini, hanya dilakukan di Kabupaten Minsel dan Kabupaten Minahasa.

Pembangunan pilar itu sendiri  memakan waktu pengerjaan selama enam hari, dan pembangunannya dimulai dengan pengecekan lokasi penempatan alat dan pengecekan kondisi perangkat.

Kemudian dilanjutkan dengan pembangunan pilar, membuat galian untuk jalur kabel antena, pemasangan kotak dan instalasi perangkat dalam ruangan, dan diakhiri dengan suksesnya pengecekan hasil rekaman data stasiun CORS CKTT.

Terkonfirmasi dari Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Minsel, Pemkab Minsel merespon positif semua teknologi yang diperlukan untuk mempermudah dan membantu masyarakat pada umumnya.

Kegiatan diawali dengan ibadah singkat oleh Pdt. Dr. Djemy Sinubu. (foto: Ist)

Bupati FDW pada kesempatan itu menyatakan, Pemkab Minsel mendukung sepenuhnya dan memberi izin pembangunan pilar dan instalasi perangkat stasiun InaCORS, di area Kantor Bupati Minsel.

"Tentu saja, proses pembangunan pilar dan instalasi perangkat stasiun InaCORS, harus sesuai dengan ketentuan pembangunan yang berlaku," tegas Sekretaris DPD PDI Perjuangan Sulawesi Utara 4 periode ini. (Simon)