Pemkab Minsel Gelar Ibadah Natal, FDW Salurkan 37,5 Ton Benih Jagung - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Widget HTML Atas

Pemkab Minsel Gelar Ibadah Natal, FDW Salurkan 37,5 Ton Benih Jagung

Puji-pujian dari Jajaran Pemkab Minsel. (foto: Sulut24/Simon)

Sulut24.com, MINSEL - Bupati Minahasa Selatan (Minsel) Frangky Donny Wongkar, SH didampingi Wakil Bupati (Wabup) Pdt. Petra Yani Rembang (FDW-PYR), menghadiri ibadah menyambut Natal 2021 Jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minsel, Rabu (01/12/2021).

Ibadah yang digelar di gedung gereja GMIM "Talita Kum" Pondang, Wilayah Amurang Tiga ini, dipimpin Wakil Sekretaris Bidang Pekerja GMIM dan Pelayan Khusus (Pelsus) Badan Pekerja Majelis Sinode (BPMS) GMIM, Pdt. Joice Sondakh, M.Th.

Hajatan religius ini dikoordinir oleh Ketua Panitia Pelaksana (Panpel) yang juga Kepala Bagian (Kabag) Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setdakab Minsel, Pretty Lestari Tandayu, SE, ME.

Dalam sambutannya, Bupati Frangky Wongkar mengatakan, sebagai umat Kristiani yang juga pewaris Kerajaan Surga, kita harus optimis bahwa kita dapat segera keluar dari masa-masa sulit akibat pandemi Covid-19.

Dan di masa sulit akibat pandemi Covid-19, Kepala Daerah yang akrab disapa FDW ini mengimbau umat Kristiani di Kabupaten Minsel agar merayakan Natal dengan penuh kesederhanaan. 

Bupati FDW juga memohon bantuan dari segenap komponen masyarakat agar turut menopang seluruh program dan kegiatan Pemkab Minsel, terutama program Percepatan Vaksinasi Covid-19.

Mengantisipasi kemungkinan terjadinya bencana alam di musim penghujan ini, Bupati FDW juga mengingatkan agar masyarakat lebih meningkatkan kewaspadaan dengan melakukan tindakan yang ramah lingkungan.

"Tindakan ramah lingkungan yang dapat dilakukan, yakni menanam pohon, menjaga kebersihan, tidak membuang sampah sembarangan, dan mengelola sampah dengan baik," tuturnya.

Ibadah menyambut Natal 2021 Jajaran Pemkab Minsel. (foto: Sulut24/Simon)

Pada kesempatan itu, mantan Wakil Bupati Minsel Periode 2015-2021 ini menyentil soal realisasi penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) di 17 Kecamatan se-Kabupaten Minsel.

Menurutnya, hingga 30 November 2021, ada sembilan kecamatan yang sudah lunas 100 persen, dan lima kecamatan yang telah capai 95 hingga 99 persen. 

Sembilan kecamatan yang sudah lunas 100 persen masing-masing Kecamatan Motoling Timur, Ranoiapo, Kumelembuai, Tareran, Suluun Tareran, Sinonsayang, Tatapaan, Tenga, dan Maesaan.

Sementara lima kecamatan yang realisasi PBB-nya nyaris lunas 100 persen dan berkisar 95 hingga 99 persen, yakni Kecamatan Motoling Barat, Tumpaan, Tompasobaru, Modoinding, dan Motoling.

Dan masih tersisa tiga kecamatan yang realisasi PBB-nya masih perlu dipacu lagi, karena masih berkisar 68 sampai 79 persen. 

"Ketiga kecamatan itu yakni Kecamatan Amurang 68,59 persen, Amurang Barat 68,80 persen, dan Amurang Timur 79,26 persen," ungkap mantan Anggota DPRD Provinsi Sulut Dapil Minsel-Mitra 3 periode ini.

Bupati FDW sedang membawakan sambutan. (foto: Sulut24/Simon)

Diungkapkannya pula capaian manual Vaksinasi Covid-19 di 17 Kecamatan se-Kabupaten Minsel per 28 November 2021, dimana dosis 1 PKM sudah capai 63,89 persen atau 103.282 dari sasaran 161.664.

"Sementara capaian Vaksinasi Covid-19 berdasarkan jumlah sasaran di dalam dan luar wilayah Minsel, sudah capai 86,85 persen atau 135.107 dari jumlah sasaran 155.563," ungkap mantan Direktur Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Manado ini.

Di akhir sambutannya, Sekretaris DPD PDI Perjuangan Sulut 4 periode ini mengajak segenap komponen warga Minsel untuk merapatkan barisan, bersatu padu, dan bergandengan tangan demi terwujudnya Minsel Maju, Berkepribadian, dan Sejahtera.

Usai membawakan sambutan, Bupati FDW didampingi Wabup PYR dan Kepala Dinas Pertanian Frangky Pasla, SE, M.Si menyerahkan bantuan benih jagung varietas A3 kepada 812 Koptan dengan total volume 37,5 ton dan luas hamparan 2500 hektar.  

Bantuan diserahkan secara simbolis kepada Kelompok Tani (Koptan) "Bersinar" Kelurahan Pondang, Kecamatan Amurang Timur.

Bupati FDW dan Wabup PYR serahkan bantuan benih jagung. (foto: Sulut24/Simon)

Turut hadir pada kesempatan itu, Sekretaris Daerah Denny Kaawoan, SE, M.Si, unsur Forkopimda Minsel, Ketua TP-PKK Minsel yang juga Anggota DPRD Minsel Ibu Elsje Rosje Wongkar Sumual, dan Sekretaris TP-PKK Minsel Ibu Juli Rembang Wati.

Hadir pula para Asisten dan pejabat eselon III di lingkup Setdakab Minsel, pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), unsur BKSAUA dan FKUB Minsel, serta para Camat se-Kabupaten Minsel. (Simon/Adv)