Terkait Kegiatan Dero, Kades Matahit Sebut Sudah Beri Himbauan - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Widget HTML Atas


Advertisement

Terkait Kegiatan Dero, Kades Matahit Sebut Sudah Beri Himbauan

Deddy Tuang (Foto: Dok pribadi)

Sulut24.com, TALAUD - Kepala Desa Matahit Deddy Tuang menghimbau warganya untuk tidak menggelar kegiatan hiburan Ba Dero atau Mabaris. 

Hal tersebut disampaikannya saat dikonfirmasi media ini Senin (6/12/2021). 

Tuang mengatakan bahwa himbauan ini telah disampaikan kepada masyarakat menjelang bulan Desember, dan menurutnya saat ini pemerintah belum mengeluarkan pemberitahuan yang membolehkan masyarakat untuk menggelar kegiatan hiburan Ba Dero atau Mabaris.

"Ini belum ada pemberitahuan untuk boleh mengadakan kegiatan hiburan tersebut," katanya.

Terkait dengan kegiatan Ba Dero atau Ma Baris yang digelar pada Minggu, (5/12) oleh beberapa warga di Desa Matahit dan kemudian dibubarkan oleh personil Polsek Beo.

Tuang mengatakan bahwa kegiatan tersebut merupakan spontanitas dan tidak ada pemberitahuan kepada kepala desa maupun perangkat desa.

"Kegiatan itu murni spontanitas, saya kaget juga malam-malam itu anak-anak bikin kegiatan itu," ucap Tuang. 

Tuang berujar, jika pihak perangkat desa mengetahui rencana kegiatan tersebut maka akan segera dicegah dan dibubarkan. 

Dia mencontohkan bahwa sebelumnya pada tanggal 2 Desember ada masyarakat yang mengadakan kegiatan hiburan Ba Dero atau Mabaris, namun langsung dicegah dan dihimbau olehnya bersama perangkat desa untuk tidak mengadakan kegiatan tersebut.

"Waktu tanggal 2, sempat ada kegiatan Mabaris, namun saya bersama perangkat desa memberikan himbauan dan kegiatan tersebut batal dilaksanakan," jelas Tuang.

Tuang mengatakan bahwa sebagai kepala desa Ia selalu berusaha untuk patuh terhadap kebijakan pemerintah kabupaten terutama terkait penanganan Virus Covid-19. 

Tuang pun turut menghimbau masyarakat, terutama warga desa Matahit untuk terus mematuhi protokol kesehatan guna memutus mata rantai penyebran Covid-19.  (fn)