Diresmikan Bupati Franky Wongkar, WBR Jadi Destinasi Wisata Baru di Minsel - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Widget HTML Atas

Diresmikan Bupati Franky Wongkar, WBR Jadi Destinasi Wisata Baru di Minsel

 Pencanangan dan Peresmian Destinasi Wisata Desa Wawontulap Beach Resort (WBR) oleh Bupati Minsel Franky Donny Wongkar, SH. (foto: Ist)

Sulut24.com, MINSEL - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Selatan (Minsel) melalui Bupati Franky Donny Wongkar, SH menghadiri sekaligus melakukan Pencanangan dan Peresmian Destinasi Wisata Desa Wawontulap Beach Resort (WBR), Sabtu (26/03/2022).

WBR adalah obyek wisata bahari yang terletak di Desa Wawontulap, Kecamatan Tatapaan. Diharapkan obyek wisata pantai ini akan menjadi destinasi baru di Kabupaten Minsel.  

Pada kesempatan itu, Bupati Franky Wongkar turut didampingi Wakil Bupati (Wabup) Petra Yani Rembang, M.Th, dan Ketua TP-PKK Kabupaten Minsel Ny. Elsje Rosje Wongkar-Sumual.

Pencanangan dan Peresmian Destinasi Wisata Desa WBR  ditandai dengan penandatanganan prasasti dan pengguntingan pita oleh Bupati Franky Wongkar.

Diketahui, pengembangan Wisata Pantai WBR ini sudah direncanakan sejak lama, sebagai wujud Visi Kabupaten Minsel yang Maju, Berkepribadian, dan Sejahtera.

Untuk mewujudkannya, tidak lepas dari peran serta masyarakat setempat akan kesadaran dalam mengelola dan mengembangkan wisata pantai ini sebagai destinasi baru di Kabupaten Minsel.

Ini bukti nyata komitmen Bupati Franky Wongkar dan Wabup Petra Rembang terkait upaya pengembangan sektor pariwisata.

Untuk memeriahkan hajatan ini, pihak panitia pelaksana (panpel) yang dipimpin Eldo Wongkar menggelar kegiatan Lomba Memancing dan Lomba Dayung. 

Bupati Minsel Franky Donny Wongkar, SH sedang membawakan sambutan. (foto: Ist)

Kegiatan lomba tersebut diikuti oleh para peserta dengan penuh antusias.

Dalam sambutannya, Bupati Franky Wongkar menyampaikan apresiasi kepada pihak panpel yang telah memprakarsai dan memfasilitasi kegiatan ini, serta seluruh peserta yang turut berpartisipasi.

Dikatakannya, kegiatan lomba ini merupakan wujud komitmen, motivasi dan dedikasi yang tinggi dalam rangka memajukan sektor pariwisata di Kabupaten Minsel. 

"Sekaligus memacu prestasi di bidang olahraga dayung dan penyaluran hobi memancing, teristimewa untuk menyalurkan bakat dan kemampuan yang dimiliki," tutur Kepala Daerah yang akrab disapa FDW ini.

Ia juga mengucapkan selamat dan sukses kepada semua tim yang akan bertanding, dan berharap dapat mengukir prestasi.

"Dengan terus bersemangat dan meningkatkan kapasitas diri, niscaya keberhasilan akan menjadi milik kita. Saya sangat yakin, Minsel memiliki generasi muda yang berbakat serta semangat juang dan daya saing yang tinggi," imbuh Bupati FDW. 

Mantan Anggota DPRD Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) dari Dapil Minsel-Mitra selama 3 periode ini mengharapkan, dengan hadirnya WBR sebagai salah satu destinasi wisata baru di Minsel, masyarakat akan mampu menggerakkan roda perekonomian dan pariwisata.

Menurutnya, ada beberapa unsur yang dapat menggerakan pariwisata yaitu keamanan, kebersihan, ketertiban, kenyamanan, keindahan dan keramahtamahan. 

“Tempat wisata ini harus kita jaga dengan baik agar menjadi tujuan para pengunjung, baik wisatawan domestik maupun internasional," pesan Sekretaris DPD PDIP Sulut ini.

 Bupati Minsel menyerahkan tropi kepada pemenang Lomba Dayung. (foto: Ist)

Atas nama Pemkab Minsel, Bupati FDW tidak lupa mengucapkan terima kasih kepada sejumlah perusahaan terkait yang telah berkontribusi dalam penyelenggaraan kegiatan tersebut. 

Diakuinya, pandemi Covid-19 telah memberi pukulan yang cukup berat sehingga mempengaruhi pertumbuhan ekonomi dan sektor pariwisata tidak berjalan optimal. 

Dengan adanya destinasi baru ini, ia mengajak seluruh elemen masyarakat untuk cepat beradaptasi dengan keadaan. 

"Situasi pandemi ini harus dihadapi dengan kerja keras dan pantang menyerah. Kita harus terus belajar, kreatif dan inovatif untuk mengubah tantangan menjadi peluang," tandas mantan Direktur Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Manado ini.

Di akhir sambutannya, Bupati FDW mengimbau dan mengajak seluruh elemen masyarakat untuk turut serta menyukseskan program vaksinasi dosis lengkap.

"Mari kita sukseskan program vaksinasi dosis lengkap bagi orang dewasa, anak usia 6 sampai 11 tahun, dan juga lansia. Diharapkan, warga Minsel juga tetap disiplin melaksanakan Protokol Kesehatan (Prokes)," pungkas mantan Wabup Minsel periode 2015-2020 ini.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Anggota DPRD Minsel Magritje Ritha Lolowang, Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Manado Suhri N.N. Sinaga, SE, M.M, Kepala Taman Nasional Bunaken diwakili oleh Kepala Seksi Pengelolaan Taman Nasional Wilayah Dua Hendrik Rundengan, dan Komunitas Toyota Land Cruiser di bawah pimpinan Benny Bela.

Bupati dan Wakil Bupati Minsel sedang menyaksikan Lomba Dayung dan Lomba Memancing. (foto: Ist)

Hadir pula Camat Tatapaan Mersita Paula Rumokoy, SIP, Pejabat Hukum Tua Desa Wawontulap Bill Abraham Werung selaku Ketua Harian Panpel Peresmian Destinasi Wisata “WBR”, para Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat setempat. (Simon)