Launching Mei, SMPN 11 Manado Pilot Project Pendidikan Berbasis Budaya di Sulut - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Widget HTML Atas

Launching Mei, SMPN 11 Manado Pilot Project Pendidikan Berbasis Budaya di Sulut

Drs Enoch Saul, Kepala SMPN 11 Manado (Foto: Ist)

Sulut24.com, MANADO - SMPN 11 Manado semakin mematangkan persiapan sebagai pilot project lembaga pendidikan menengah berbasis budaya di Sulawesi Utara. Dalam sepekan berjalan dilakukan penataan fisik, eksterior maupun interior.

"Kini gagasan dan niat kami mulai mewujud. Mohon dukungan dari masyarakat pendidikan, terutama yang di kota Manado," ujar Drs Enoch Saul, Kepala SMPN 11 Manado ketika ditemui Kamis (31/3/2022) sore.

Menurut Saul, gagasan yang mulai mewujud tersebut direspon Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Manado, Dr Deisy Lumowa, MPd dan sejumlah anggota DPRD Manado. "Ibu Kadis sudah datang di sekolah kami beberapa hari lalu. Lalu datang Staf Khusus Walikota bidang kebudayaan," kata Saul.

Selebihnya, gagasan Saul yang mulai mewujud ini mendapat topangan dari Dinas Kebudayaan Daerah Sulut. "Saya sudah tatap muka dengan pak Kepala Dinas Kebudayaan Sulut dan direspon baik," jelas Saul.

Meski jam kegiatan ajar dan belajar sudah usai, Saul dan sejumlah guru masih sibuk dengan berbagai kegiatan ekstra. Dibantu guru-guru, Saul melakukan penataan salah satu ruangan menjadi museum mini. Sementara sejumlah pekerja sedang mengecor jalan setapak, mulai dari batas pagar halaman sekolah hingga pintu utama.

Para pekerja dikomando satpam sekolah. Saul sesekali mengawasi mereka sedang bekerja. "Semen dan pasir dibantu. Bantuan pribadi ketua komite sekolah," ujar Saul. Ketua Komite SMPN 11 adalah Mona Klur, yang juga diketahui sebagai anggota DPRD Manado.

Menurut Saul, rencana launcing SMPN 11 Manado sebagai pilot project sekolah berbasis budaya akan digelar bulan Mei. Tepat saat peringatan Hari Pendidikan Nasional, 2 Mei 2022. Walikota Manado, Andrei Angouw akan hadir pada giat launching tersebut.

"Pak Walikota bersama sejumlah pejabat teras kota Manado akan ke sini usai upacara Hardiknas," tambah Saul lalu melanjutkan, saat launcing akan ada atraksi seni dan pameran budaya.

Area pameran nanti, akan memanfaatkan beberapa ruang kelas. Pameran akan mengajikan ragam potensi budaya dari beberapa lembaga, antara lain Balai Bahasa Manado, Balai Arkeologi Manado, Balai Sejarah dan Museum Sulut. (*/agi)