Pengamanan Idul Fitri 1443 Hijriah, Polres Minsel Siapkan 6 Pos Ops Ketupat - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Widget HTML Atas

Pengamanan Idul Fitri 1443 Hijriah, Polres Minsel Siapkan 6 Pos Ops Ketupat

Kasat Lantas Polres Minsel AKP Hadi Siswanto, SIK, MH, sedang membagikan paket soft drink kepada petugas gabungan yang lagi bertugas. (foto: Ist)

Sulut24.com, MINSEL - Polres Minahasa Selatan (Minsel) mendirikan 6 Pos dalam rangka mendukung kegiatan Operasi Kepolisian Terpusat 'Ketupat Samrat-2022' Pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah.

Pos taktis Ops Ketupat Samrat 2022 ini terdiri atas 3 Pos Pengamanan (Pam) dan 3 Pos Pelayanan (Yan).

Keenam pos tersebut ditempatkan di lokasi keramaian/pusat perbelanjaan, lokasi rawan kemacetan dan lakalantas, area pelabuhan serta perbatasan kabupaten.

Masing-masing Pos Pam dan Pos Yan telah diisi oleh personel Polres Minsel, serta dukungan perkuatan dari anggota TNI, Basarnas, dan sejumlah instansi terkait di jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minsel.

Di antaranya Dinas Perhubungan (Dishub), Dinas Kesehatan (Dinkes), Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol PP), Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP), serta Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

Pos Ops Ketupat Samrat 2022 ini didirikan untuk mengoptimalkan kegiatan pelayanan dan pengamanan kepada masyarakat, khususnya bagi umat Islam yang berhari raya Idul Fitri.

Fokus kegiatan petugas gabungan di Pos Pam dan Pos Yan tersebut yakni pengaturan arus lalulintas, khususnya pada saat arus mudik dan arus balik.

"Selain itu, pencegahan terhadap setiap potensi gangguan Kamtibmas, serta pengamanan pada puncak perayaan Idul Fitri nanti," ungkap Kapolres Minsel AKBP C. Bambang Harleyanto, SIK saat meninjau salah satu pos di pusat kota Amurang, Kamis (28/04/2022).

Kapolres Minsel mengimbau masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan, dan disiplin memakai masker.

Polres Minsel bekerjasama dengan Dinkes Minsel, juga menyediakan fasilitas pelayanan Vaksinasi Covid-19 di Pos Pam Sinonsayang dan Pos Yan Maruwasey, bagi pemudik yang melintas di wilayah Kabupaten Minsel.

"Intinya, kami bersama stakeholder terkait, komitmen menjaga dan mengamankan Hari Raya Idul Fitri, mengawal mudik agar tetap lancar, aman dan sehat," pungkas mantan Kasubbid Paminal Polda Lampung ini.

Sementara itu, Kasat Lantas Polres Minsel AKP Hadi Siswanto, SIK, MH mengimbau para pengguna kendaraan bermotor agar selalu mematuhi peraturan lalulintas, dan mengutamakan keselamatan.

"Demi keselamatan kita bersama dan supaya mudik berjalan lancar, aman dan sehat, patuhi peraturan lalulintas, utamakan keselamatan, serta tetap disiplin protokol kesehatan," imbau mantan Kasat Lantas Polres Tomohon ini. 

Terpantau, Kasat Lantas Polres Minsel AKP Hadi Siswanto, SIK, MH juga turun memantau aktivitas di 3 Pos Pam dan 3 Pos Yan sambil membagikan paket soft drink kepada petugas gabungan yang sedang bertugas. (Simon)