Dihadiri JG-KWL dan BSSN, Dinas Kominfo dan Persandian Minut Launching Sertifikat dan Tanda Tangan Elektronik - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Widget HTML Atas

Dihadiri JG-KWL dan BSSN, Dinas Kominfo dan Persandian Minut Launching Sertifikat dan Tanda Tangan Elektronik

Bupati Joune Ganda dan Wakil Bupati Kevin William Lotulung, BSSN dan Kadis Kominfo Max Wurara SH (Foto: Ist)

Sulut24.com, MINUT - Turut mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, transparan, akuntabel serta pelayanan publik berkualitas dan terpercaya, Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara melalui Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian menggelar sosialisasi sekaligus melakukan launching Sertifikat Elektronik dan Tanda Tangan Elektronik yang bertempat di Aula Bapelitbang Selasa (28/6/2022).

Bupati Minahasa Utara Joune Ganda SE menyambut baik pelaksanaan sosialisasi dan berharap para peserta mengikuti dengan serius dan sebaik-baiknya kegiatan ini.

"Kepada para peserta ikuti sosialisasi ini sebaik-baiknya, agar dapat mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, transparan dan akuntabel yang sesuai dengan visi dan misi Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara," ucapnya.

Ditambahkannya saat ini kemajuan teknologi semakin berkembang, diharapkan Pemerintah Daerah harus mampu memanfaatkan untuk mendukung pelaksanaan pelayanan kepada masyarakat dan mendukung birokrasi di perkantoran.

"Sesuai Peraturan Presiden Nomor 95 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) mendorong seluruh instansi pemerintah untuk menerapkan layanan pemerintahan dan layanan publik berbasis elektronik," ujarnya.

Suasana acara Launching Sertifikat dan Tanda Tangan Elektronik (Foto: Ist)

Menurut Bupati Joune Ganda Pemerintah Daerah telah mulai mengembangkan tanda tangan elektronik melalui aplikasi Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik/SIAPE dan Aplikasi Layanan Perizinan Terpadu/SIPINTAR.

"Sertifikat elektronik memiliki kekuatan sama dengan tandatangan digital, mempunyai jaminan keamanan transaksi tidak mudah dimanipulasi, dirusak atau disalahgunakan," ungkapnya.

Disebutkan Bupati Joune Ganda sertifikat elektronik dapat memberikan jaminan otentifikasi data, integritas dan anti penyangkalan. Sedangkan tangan elektronik bermanfaat untuk menghemat waktu, efisiensi, paperles/minimalisir penggunaan kertas dan mempunyai kepastian hukum.

"Sekali lagi, saya sampaikan terima kasih narasumber dan Badan Siber dan Sandi Negara yang telah mendukung penerapan dan penerbitan tandatangan digital dan sertifikat elektronik, semoga aplikasi ini bisa dimanfaatkan lebih maksimal lagi," tukas Bupati Joune Ganda.

Sementara itu Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Max Wurara SH mengatakan pelaksanaan sosialisasi selama sehari dihadiri pejabat Administrator dari BSSN.

"Sosialisasi ini dilaksanakan agar semua pejabat  lebih memahami dan mampu melaksanakan tanda tangan digital ataupun transaksi elektronik dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya," katanya.

Agar sosialisasi berjalan maksimal, tambah Wurara didatangkan narasumber dari Balai Sertifikasi Elektronik Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN).

"Kita berharap dengan menghadirkan narasumber berkompeten, para peserta mampu untuk mempergunakan sistem dan transaksi elektronik dengan baik dan maksimal," tukasnya.

Bupati Joune Ganda dan Wakil Bupati Kevin William Lotulung, BSSN dan Kadis Kominfo Max Wurara SH (Foto: Ist)

Kegiatan turut dihadiri Wakil Bupati Minahasa Utara Kevin William Lotulung SH. MH, Pimpinan SKPD, Staf Ahli, Kepala Bagian di Sekretariat lingkup Pemkab Minut. (Joyke)