Lewat Fun Bike, Kapolri Tegaskan Sinergitas Kunci Amankan Seluruh Agenda Bangsa - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Widget HTML Atas

Lewat Fun Bike, Kapolri Tegaskan Sinergitas Kunci Amankan Seluruh Agenda Bangsa

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo sedang membuka kegiatan bertajuk "Fun Bike Semarak Bhayangkara" di Lapangan Bhayangkara Mabes Polri, Jakarta Selatan. (Foto: Ist)

Sulut24.com, JAKARTA - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memperkuat sinergitas dan soliditas dengan seluruh elemen mulai dari TNI, organisasi kepemudaan (OKP), buruh, komunitas dan masyarakat lainnya, untuk sama-sama menjaga serta mengamankan seluruh agenda nasional maupun internasional di Indonesia.

Penguatan sinergitas dan soliditas tersebut dituangkan dalam acara bertajuk "Fun Bike Semarak Bhayangkara" yang digelar di Lapangan Bhayangkara Mabes Polri, Jakarta Selatan, Minggu (19/06/2022).

"Tentunya kegiatan hari ini, merupakan bentuk upaya kita untuk terus menjaga soliditas dan sinergitas dari semua rekan-rekan kita, sahabat-sahabat kita, mitra kita. TNI dan rekan-rekan media, OKP, serta masyarakat yang selama ini mendukung dan selalu berada bersama-sama dengan Polri." kata Jenderal Listyo saat membuka kegiatan fun bike tersebut pada pukul 07.00 WIB. 

Kegiatan ini dalam rangka memperingati Hari Bhayangkara ke-76, dan diikuti oleh 33.170 peserta dari TNI, Polri, insan media, komunitas sepeda, OKP dan warga lainnya. 

Menurut Jenderal Listyo, dengan adanya kegiatan ini, TNI-Polri bersama dengan seluruh elemen bangsa lainnya dapat bersatu padu untuk sama-sama ikut menyukseskan seluruh perhelatan agenda nasional maupun internasional, sesuai dengan tugas dan fungsinya masing-masing.  

Salah satunya adalah agenda Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 yang tahapannya saat ini sudah mulai berjalan. 

Mantan Ajudan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) ini menegaskan, penguatan sinergitas dan soliditas merupakan kunci untuk memastikan seluruh agenda dapat berjalan dengan aman, lancar dan tertib. 

"Kita juga akan menghadapi berbagai agenda internasional. Dalam waktu dekat kita akan melaksanakan Presidensi G20 dan itu semua juga membutuhkan sinergitas dan soliditas agar semuanya bisa berjalan dengan aman dan lancar," tutur eks Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim) Polri ini.

Di sisi lain, kegiatan bersepeda ini juga diharapkan dapat meningkatkan minat bersepeda masyarakat, karena hobi gowes juga memiliki multiplier effect, selain meningkatkan stamina maupun kebugaran. 

"Mulai dari bagaimana bersepeda akan mengurangi dampak pencemaran lingkungan, alternatif alat transportasi dan harapan kita dapat  timbulkan UMKM-UMKM industri terkait dengan hal yang tentunya bisa membuka lapangan pekerjaan bagi seluruh masyarakat," ujar mantan Kapolda Banten itu.

Jenderal Listyo berharap, Korps Bhayangkara akan terus meningkatkan sinergitas dan soliditas bersama elemen lainnya. 

Sehingga, tugas pokok kepolisian dalam hal ini melindungi, mengayomi dan melayani masyarakat dapat berjalan dengan optimal. 

"Melaksanakan transformasi Polri yang Presisi dan tentunya Polri yang semakin dekat dan dicintai masyarakat," tandas eks Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan (Kadiv Propam) Polri ini.

Dalam kesempatan ini, Jenderal Listyo secara langsung menyapa dan melakukan dialog interaktif bersama Polda Jajaran yang tersebar di 34 provinsi melalui sambungan virtual.

Sementara itu, Kadiv Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo menambahkan, selain kegiatan fun bike, institusi Polri juga akan membagikan bantuan sosial (bansos) berjumlah 20.000 yang akan dibagikan pada Senin 20 Juni 2022, di Lapangan Bhayangkara Mabes Polri.

Bantuan sosial dalam rangka HUT ke-76 Bhayangkara ini akan didistribusikan di seluruh Indonesia.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo bersama sejumlah petinggi TNI juga turut mengikuti kegiatan bersepeda jelang HUT Bhayangkara ke-76 ini. (Foto: Ist)

"Bantuan ini akan menyasar anak yatim piatu, kaum duafa, buruh pabrik, korban pemutusan hubungan kerja (PHK), panti jompo, panti sosial, panti asuhan, kaum disabilitas, purnawirawan/warakawuri TNI-Polri, tenaga medis, pelaku UMKM yang terdampak pandemi, ojek pangkalan, para sopir dan keluarga korban COVID-19," terang Irjen Pol Dedi Prasetyo dalam keterangan resminya. 

Turut hadir dalam kegiatan fun bike ini, Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono, Wakil Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Mayjen TNI Agus Subiyanto, Wakil Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) Marsekal Madya Gustaf Brugman dan Kepala Staff Umum (Kasum) TNI Letjen TNI Eko Margiyono. (Simon)