Diluncurkan Hari Ini, Harga ‘Minyakita’ Rp14.000 per Liter - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Widget HTML Atas

Diluncurkan Hari Ini, Harga ‘Minyakita’ Rp14.000 per Liter

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (5/7/2022).(KOMPAS.com/Nissi Elizabeth)

Sulut24.com, JAKARTA – Pemerintah melalui Kementerian Perdagangan meluncurkan program minyak curah murah dengan harga Rp14 ribu per liter hari ini, Rabu (6/7/2022). Peluncuran MinyaKita dilakukan di Kantor Kemendag. 

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mengatakan, program Minyakita diluncurkan agar masyarakat di seluruh Indonesia bisa memenuhi kebutuhan akan minyak goreng curah. Minyakita merupakan merek minyak goreng curah kemasan sederhana. 

"Besok (hari ini, red) teman-teman kita akan launching minyak kemasan Minyakita," ujar Zulkifli Hasan saat meninjau pasar Ciracas Jakarta Timur, Selasa (5/7/2022). Kata Mendag Zulkifli, untuk harga Minyakita dibanderol Rp 14.000 per liter. Ongkos pengemasan menjadi tanggung jawab pihak produsen dan tidak dibebankan ke konsumen. "Biaya pengemasan ditanggung produsen, jadi enggak naik lagi," kata Zulhas. 

Sebelumnya, Mendag Zulkifli mengatakan, program 'Minyakita' ini merupakan program lanjutan dari program sebelumnya yaitu Minyak Goreng Curah Rakyat alias MGCR. Perbedaannya terletak pada kemasan minyak goreng yang lebih kuat dan rapi. 

"Kalau minyak goreng curah yang MGCR itu kan plastiknya tipis takut pecah. Nah dengan program Minyak Kita itu nantinya packaging-nya lebih bagus. Lebih kuat dan rapi," ujar Mendag Zulkifli beberapa hari sebelumnya saat melakukan kunjungan pasar di Bandung. 

Lebih lanjut Mendag Zulkifli menjelaskan, kemasan baru minyak goreng curah Minyakita jauh lebih bersih dari kemasan sebelumnya. Ada label kemasan "Minyakita". Distribusinya hingga ke supermarket. Stok minyak goreng curah Minyakita mencukupi kebutuhan masyarakat. "Minyak goreng curah sudah Rp 14.000, banyak tersedia everywhere," ujarnya. 

Adapun harga minyak goreng curah di pasar tradisonal mulai menunjukkan adanya penurunan. Berdasarkan data dari Kementerian Perdagangan, harga minyak goreng curah secara nasional pada tanggal 24 Juni 2022 Rp 16.066 per liter, kemudian turun menjadi Rp 15.867 per liter di tanggal 27 Juni 2022, dan pada tanggal 1 Juli 2022 turun lagi menjadi Rp 15.879 per liter.

Didistribusi ke Indonesia Timur

Kemendag bakal mendistribusikan minyak goreng curah MinyaKita ke wilayah timur Indonesia. Hal itu dilakukan demi mewujudkan pemerataan harga minyak goreng secara nasional. Menurut Mendag Zulkifli, harga minyak goreng di Papua, Maluku dan sebagian Sulawesi masih tinggi rata-rata Rp20 ribu per liter.

Ia mengatakan distribusi minyak goreng curah ke daerah timur cukup sulit karena masalah logistik dan ongkos yang mahal. Apalagi, distribusi ke daerah itu masih menggunakan tempat penyimpanan berukuran besar seberat satu ton untuk setiap tangki. 

Hal itu yang membuat distribusi minyak goreng ke pulau-pulau maupun dataran tinggi cenderung lebih sulit. "Jadi memang mahal logistik ke Papua dan Maluku, belum mampu kami atasi. Oleh karena itu, kami coba minyak goreng Rp14 ribu, kami kemas dengan kemasan sederhana, sehingga distribusinya mudah," terang Mendag Zulkifli.

MinyaKita akan memudahkan proses pendistribusian barang hingga ke daerah-daerah pelosok tanpa terhambat lagi oleh masalah logistik. Direktur Barang Kebutuhan Pokok dan Barang Penting Kemendag Isy Karim menyebut ada 28 produsen yang akan meluncurkan MinyaKita pada Rabu, hari ini. "Jumlah produsen MinyaKita itu sudah ada 28 yang aktif," ungkapnya.

Namun, Isy tak menjelaskan lebih rinci berapa jumlah yang dirilis atau diproduksi pada tahap awal. Ia hanya menyebut jumlahnya cukup banyak dan cukup untuk masyarakat di sekitar Kantor Kemendag di bilangan Gambir, Jakarta Pusat. "Volumenya, kan namanya launching, ya banyak, tapi hanya untuk masyarakat sekitar kantor saja," tandas dia. (kc/cnni/fan)