Jokowi Pimpin Upacara Hari Bhayangkara ke-76 di Akpol Semarang - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Widget HTML Atas

Jokowi Pimpin Upacara Hari Bhayangkara ke-76 di Akpol Semarang

 

Presiden Jokowi menjadi Inspektur Upacara HUT Bhayangkara ke-76 yang digelar di Akademi Kepolisian (Akpol) Semarang, Jawa Tengah. (Foto: Ist)

Sulut24.com, SEMARANG - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi Inspektur Upacara (Irup) peringatan Hari Bhayangkara ke-76 yang dipusatkan di Kampus Akademi Kepolisian (Akpol), di kawasan Candi, Semarang, Jawa Tengah, pada Selasa (05/07/2022).

Peringatan HUT Kepolisian Indonesia tahun 2022 mengangkat tema "Polri yang Presisi Mendukung Pemulihan Ekonomi dan Reformasi Struktural untuk Mewujudkan Indonesia Tangguh-Tangguh-Indonesia Tumbuh".

Upacara HUT Ke-76 Korps Bhayangkara ini melibatkan 1.996 personel yang terdiri dari unsur Polri, TNI, dan eksponen masyarakat.

Presiden Jokowi hadir dalam busana pakaian sipil lengkap, jas biru tua, mengenakan peci di kepala serta didampingi Ibu Negara Iriana Jokowi yang mengenakan busana putih, kerudung warna senada, dan selendang batik bernuansa coklat.

Kedatangan Presiden Jokowi dan Ibu Negara disambut langsung oleh Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo.

Prosesi upacara diawali menyanyikan lagu kebangsaan, "Indonesia Raya". 

Usai mendapat laporan soal kesiapan upacara dari Komandan Upacara, Presiden Jokowi meminta upacara dilanjutkan.

Presiden Jokowi kemudian melakukan pemeriksaan pasukan dengan menggunakan mobil patroli terbuka diiringi lagu "Maju Tak Gentar" oleh pasukan marching band.

Usai meninjau pasukan menggunakan mobil patroli, Presiden Jokowi menganugerahkan tanda kehormatan Bintang Bhayangkara Nararya kepada tiga polisi.

Hajatan peringatan Hari Bhayangkara ke-76 ini juga dimeriahkan dengan berbagai atraksi dan pertunjukan, mulai dari atraksi tari kolosal dipadukan terjun bebas oleh personel TNI dan Polri, terbang lintas helikopter dan penampilan marching band Pelopor Cenderawasih dari Taruna Akpol.

Tampak hadir dalam upacara ini, Presiden kelima RI yang juga Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Wakil Presiden (Wapres) ke-10 dan ke-12 Jusuf Kalla, dan sejumlah pejabat Polri.

Presiden Jokowi didampingi Ibu Negara Iriana Jokowi dan Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo (Foto: Ist)

Setelah upacara, kegiatan dilanjutkan dengan Festival Hari Bhayangkara Ke-76 yang menampilkan Ekspo Alat Material Khusus Kepolisian Indonesia, pasar rakyat, lomba mural, dan lomba musik musisi jalanan.

Pesta rakyat digelar di Lapangan Taruna Bhayangkara, dan menghadirkan enam area yakni UMKM, kuliner rakyat, pasar murah, vaksinasi booster presisi, pengobatan gratis, permainan anak, dan hiburan rakyat.

Acara ini terbuka untuk umum. Masyarakat yang hadir diwajibkan mengenakan masker dan harus menaati protokol kesehatan. (Simon)