Irjen Pol. Setyo Budiyanto Resmi Jabat Kapolda Sulut - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Widget HTML Atas

Irjen Pol. Setyo Budiyanto Resmi Jabat Kapolda Sulut

Kapolda Sulut Irjen Pol. Drs. Setyo Budiyanto, S.H., M.H. (Foto: Ist)

Sulut24.com, MANADO – Irjen Pol. Drs. Setyo Budiyanto, S.H., M.H, resmi menjabat sebagai Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sulawesi Utara (Sulut), menggantikan Irjen Pol. Drs. Mulyatno, S.H., M.M yang akan memasuki persiapan masa pensiun.

Hal tersebut setelah dilakukan upacara serah terima jabatan (sertijab) 16 Perwira Tinggi (Pati) Polri, sembilan di antaranya adalah kapolda, yang dipimpin langsung oleh Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si, pada Selasa (18/10/2022) siang, di Gedung Rupatama Mabes Polri, Jakarta.

Diketahui, sertijab tersebut berdasarkan Keputusan Kapolri Nomor: Kep/1399/X/2022, tanggal 14 Oktober 2022 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan dalam Jabatan di Lingkungan Polri.

Untuk diketahui, Irjen Pol. Drs. Mulyatno, S.H., M.M, dimutasikan sebagai Pati Polda Sulut dalam rangka masa purna bakti.

Sedangkan Irjen Pol Drs. Setyo Budiyanto, S.H., M.H., sebelumnya menjabat Kapolda Nusa Tenggara Timur (NTT).

Jenderal bintang dua lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) 1989 ini berpengalaman dalam bidang reserse. 

Pati Polri asal Surabaya, Jawa Timur tersebut sebelumnya pernah menjabat Kapolres Teluk Wandawa, Kapolres Biak Numfor (2009), Wakil Direktur (Wadir) Reserse Kriminal (Reskrim) Polda Papua (2010), dan Direktur Reserse Kriminal Khusus (Direskrimsus) Polda Papua (2011).

Irjen Setyo juga pernah menjabat Penyidik Utama Biro Wassidik  Bareskrim Polri, Penyidik Eksekutif Otoritas Jasa Keuangan (OJK), dan Direktur Penyidikan KPK (2020).

Terkait pergantian Kapolda Sulut, Kabid Humas Polda Sulut Kombes Pol. Jules Abraham Abast ketika dikonfirmasi membenarkan hal tersebut.

Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si menyalami Irjen Pol. Drs. Setyo Budiyanto, S.H., M.H usai prosesi pelantikan. (Foto: Humas Polri)

Menurutnya, setelah sertijab di Mabes Polri, selanjutnya akan dilaksanakan rangkaian tradisi penyambutan dan pelepasan di Mapolda Sulut.

"Rangkaian penyambutan dan pelepasan, terdiri dari berbagai kegiatan. Di antaranya paparan laporan kesatuan, serah terima pataka, dan acara pengantar tugas," terang Kombes Pol. Jules Abraham Abast.

Atas nama keluarga besar Polda Sulut, ia pun tidak lupa mengucapkan selamat datang dan selamat bertugas di Bumi Nyiur Melambai kepada Irjen Pol. Setyo Budiyanto.

“Tentunya kami juga tidak lupa menghaturkan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada Irjen Pol. Mulyatno atas bimbingan dan arahan selama ini. Selamat memasuki masa purna bakti, semoga selalu dalam lindungan Tuhan Yang Maha Kuasa,” pungkas Kombes Pol. Jules Abraham Abast. (Simon)